Rabu, 08 Januari 2014

Kenapa Harus Ngeblog?

Kenapa sih harus ngeblog? Mungkin ini pertanyaan yang sering diajukan oleh Anda yang ingin memulai di dunia blogging. Apa sih emang manfaatnya dari ngeblog?. Yap, kurang lebih seperti itu pastinya. Di postingan ini saya akan bercerita tentang dunia blog. Dan, seenggaknya, sobat menjadi tahu kenapa harus ngeblog.

Saya adalah seorang Blogger Pemula yang baru terjun di dunia blog sekitar tahun 2013, tepatnya pada bulan November. Pada tahun itu saya membuat blog hanya ingin memberikan tutorial kepada teman saya "cara ngeblog melalui hp BlackBerry". Pokoknya memberikan tips & trik deh.

Kenapa sih saya memberi tahunya di blog? Kenapa nggak lewat social media saja? Jadi begini sobat, saya memberikan tutorial itu bukan hanya untuk teman saya saja, untuk semua pengguna hp BlackBerry. Yang dimana seperti kita ketahui hp BlackBerry laku dipasaran pada tahun itu.

Kembali ke topik, kenapa harus ngeblog?

1. Mengembangkan bakat tulis menulis

Tidak hanya satu dua orang saja yang kepengin jadi penulis. Bisa dibilang hampir semua orang yang suka menulis-membaca pengin jadi penulis. Alasannya biasanya satu; karyanya pengin bisa dinikmati oleh orang lain.
 
Seperti sobat ketahui, Raditya Dika adalah seorang penulis buku yang awalnya mempunyai bakat menulis dan menyalurkan bakatnya itu menjadi hobby yang dipublikasikan pada blog resminya; www.radityadika.com.

2. Menjadikan sobat orang yang kreatif

Kreatif yang didapat dari seorang Blogger dari tulisannya. Menulis itu bukan hal yang mudah dilakukan oleh semua orang loh. Selain dari tulisan itu tadi, dari kita medesain template blog kita. Mulai dari warna, layoutnya seperti apa, header blog kita. Itu semua butuh kekreatifitasan, sob.

Nah, mungkin alasan kedua ini bisa membuat sobat yang belum kreatif, menjadi kreatif. Atau mungkin, kreatif banget. Hehe..

3. Mendapatkan banyak teman

Sama seperti kegiatan lainnya, ngeblog pun bisa mendapatkan teman. Darimana mendapatkan temannya? Dari kegiatan Blogwalking. Bisa juga dari social media yang awalnya saling tanya soal blog dan akhirnya menjadi teman.

Bisa juga sobat mendapatkan teman dari kegiatan kopdar yang dilakukan beberapa komunitas Blogger di Indonesia.

4. Mendapatkan uang dari blog

Nah, alasan terakhir dari kenapa harus ngeblog. Mendapatkan uang dari blog. Nggak salah, tuh? Enggak sob. Dari blog sobat bisa mendapatkan uang juga loh. Darimana bisa mendapatkan uang dari blog?

Berikut cara mendapatkan uang dari blog:
  • Menjual produk di blog
  • Iklan
  • Ikut program afiliasi

Artikel Terkait

3 comment

Bener gan, ngeblog itu menyenangkan juga menghasilkan jika dikelola secara serius. Blogging sudah saya lakukan sejak 2010 silam. Salam by MitraGoogle.blogspot.com

Kalo saya sih nge blog karna hobbi aja...

Ijin follow blog nya gan, n folback juga yah...


EmoticonEmoticon