Kamis, 10 April 2014

Stand up Comedy, katanya sih seru...


Belajar stand up comedy, seru gak sih?

***

Sekarang lagi ngetrend stand up comedy nih. Iya gak? Iya kan. Stand up comedy, atau bisa disebut juga Pelawak Tunggal. Pelawak tunggal itu, ngelawak sendiri. Kasian ya, alone. Akakakak. Kalo stand up gini, biasanya open micnya di cafe-cafe gitu. Iya gak sih, gue gak tau juga. Duh.. Gue cari di wikipedia dulu deh biar pada ngangguk-ngangguk (baca: ngerti dari stand up comedy).

Mengenal Stand Up Comedy.

Orang yang biasa stand up, namanya comik. Iya gitu. Stand up juga butuh materi. Biasanya, materi stand up comedy itu harus berformat Set Up & Punch atau boleh menggunakan format Rule of Three. Sebelumnya, apa itu materi.. Jadi, materi stand up comedy itu adalah bahan lawakan yang dibawakan oleh para comic. Arti dari materi tadi nih gue kasih tau..

Set up adalah bagian yang gak lucu dari sebuah lawakan. Nah lho.. Set up ini berfungsi sebagai pancingan, untuk memancing penonton agar mereka penasaran. Saat mendengarkan Set Up suat bit, penonton memikirkan 1st Story, yaitu bayangan atau pikiran penonton mengenai Set Up suatu bit.

Contoh dari Set Up yang memancing penonton agar mereka penasaran.
Gue ini suka banget beli sepatu...

Punch, apa sih itu. Punch adalah bagian yang lucu dari sebuah lawakan. Ehem.. Punch ini berfungsi untuk menyodorkan kejutan kepada penonton. Saat mendengarkan Punch suatu bit, penonton memikirkan 2nd Story, yaitu bayangan atau pikiran penonton mengenai Punch suatu bit.

Contoh dari Punch yang menyodorkan kejutan kepada penonton.
...karena di mana-mana beli sepatu itu beli 1 gratis 1, beli yang kiri dapat juga yang kanan.

Sedangkan, contoh dari suatu Bit adalah...
Gue ini suka banget beli sepatu karena di mana-mana beli sepatu itu beli 1 gratis 1, beli yang kiri dapat juga yang kanan.

Oiya, masih ada Rule of Three. Yang gue tau dari hal tersebut (boleh baca di wikipedia sih sebenernya hehe) adalah format suatau bit memberi tiga contoh sesuatu, tetapi ketiga itu adalah Punch.

Contoh dari Rule of Three itu gini:
Setiap kali ketemu cewek, gue selalu ingin memandangi, memeluk,...

Punch-nya:
...lalu menamparnya.

Back to Topic (kembali ke topik)

Gue mengenal stand up comedy, atau ngelawak sendiri di panggung itu baru-baru sih ya. Gue tau stand up itu tahun 2013 kemarin, disaat temen-temen warnet gue lagi nonton bareng Stand up Comedy di Youtube. Karena gue bingung, kenapa temen-temen gue pada ketawa tanpa henti, takutnya terserang penyakit mematikan. Akakakak. Karena penasaran, akhirnya gue coba nonton juga. Di Youtube. Seinget gue, pertama kali yang gue tonton itu... Si Mongol.




Dulu, gue gak tau dia siapa. Pertama kali gue liat dia, walaupun liatnya di dunia maya, dalem hati gue bilang: Hih, dia siapa ya, mukanya gak banget deh. Waduh... khilaf gue kalo gue pernah ngatain Mongol kayak gitu. Bener-bener parah. Maaf, ya, om Mongolll.. Gue pun baru tau siapa Mongol, setelah gue bertanya-tanya: Dia siapa sih, cowok atau cewek sih dia, eh iya iya dia terkenal gak, dia bukan satpam komplek kan, dll hal buruk yang gue tanyakan tentang dia. Setelah itu, gue ketahui dia main film Comic 8. Wish, seketika gue langsung bilang; Kereeen.

Hal wajib yang harus ada dalam diri lo jika menjadi Comic

Coba, simak tips berikut ini dari wikipedia kalo lo mau menjadi seorang comic. Hal-hal apa aja yang perlu diperhatiin banget. Cekidot!

Don't Try To Be Funny
Maksudnya gini, biarlah penonton yang nontonin elu menertawakan materi yang elu bawa. Bukan ngetawain elu sebagai Comic-nya. Jadi comic tidak boleh melucu-lucukan diri, seperti menggunakan pakaian aneh, unik, dsb agar lo terlihat lucu. Gitu bro...

Don't Tell Street Jokes
Maksud dari arti tersebut yaitu si Comic tidak boleh membawakan materi yang sudah umum atau sudah pernah didengar oleh orang banyak. Jadi Comic harus membawakan materinya sendiri. Biasanya nih bro, Stand Up Comedian yang membawakan Street Jokes, biasanya akan dipanggil Stand Up Kodian.

Don't Tell Stories
Maksudnya gini bro, comic gak boleh membawakan materi seperti cerita. Kepanjangan keleus.

Be Serious
Comic juga harus terlihat serius, tidak cengengesan seperti halnya seorang pelawak.

Santai broo
Seorang Comic juga harus santai bro, karena dengan santai kemungkinan comic juga membawakan materinya lebih mudah. bwehehe.

Beberapa komika-komika favorit gue nih.. Kalo lo?

1. Fajar Ramadhan (@fazarwarmit)





2. Fiko (@ficocacola)




Gue juga kepengin nonton stand up comedy (live) dan juga jadi Comic

Gue kepingin banget bisa nonton comic-comic kece secara langsung. Tapi, kapan ya bisa nonton comic-comic kece itu? Entahlah.. Selain niatan gue yang baik ini, ingin nonton acara SUC secara live, gue juga malahan kepingin langsung jadi comic-nya. Gak tau juga sih kenapa bisa kepikiran gitu. Kata comic-comic lain, misalnya kalo jadi comic (gabung ke komunitas comic sesuai daerah) katanya seru. Katanya sih. Emang iya, ya?

Kalo stand up juga katanya bikin percaya diri, nambah temen, bisa dapet penghasilan juga. Apa iya bisa gitu?

Kalo iya, gue pingin coba gabung ah nanti kalo udah lulus dari SMP ngikut komunitas Stand Up Comedy. Beuh... keren kali ya. Kebetulan kalo stand up comedy bisa bikin percaya diri, ke-pede-an gue masih dibawah rata-rata. Gue suka minder sama orang-orang. Makanya gue mau coba gabung, tapi entar, gak sekarang. bwehehehe.

Terus gue juga pengen nambah temen. Kan keren, nambah temen dari blogger udah ada, nambah temen juga dari anggota stand up comedy nanti, hehe. Semoga aja nanti gue bisa gabung bareng anak-anak Stand Up Jakarta. Aamiin.

Kalo lo, pengen gabung juga jadi comic nggak? :D

Artikel Terkait

6 comment

Kalo gue sebagai pelaku consumer aja, suka cuma nggak terlalu :)

Whoaa, begitu.
Kirain gitu ada niatan jadi comic juga hehe.

keren nih, saya juga jadi comic dan dapat manfaat menjadi stand up comedian kayak public speaking :D
ketemu comic2 nasional kayak fico,alphi,acho,dan lain2 :D
gabung di komunitas mana nih?

Wah, keren..
Waduh, this new plan bro. Akakakak. xD

kompor gas broo videonya!! btw gua juga pengen belajar stand up biar tulisan di postingan blog gua tambah lucu aja

Wihihi kompor gas ^^
Pengen belajar stand up comedy juga? Wah, keren. Sukses bro untuk tulisan di blog-nya. \o/


EmoticonEmoticon