Sabtu, 21 Juni 2014

Bulan Ramadhan, Bulan Yang Dinantikan

Menanti Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan, bulan pernuh berkah. Bulan Ramadhan, bulan puasa, ini yang gue nanti-nantikan. Kenapa? Karena gue bisa menjadi orang yang sabar, bisa menahan hawa nafsu, dan tentunya; melatih ke-imanan. Gue tahun kemarin puasa nggak full, dikarenakan... gue mudik. Apa hubungannya? Iman gue masih lemah kalo mudik naik bus, di awal-awal perjalanan suka ada yang jualan di bus. Bikin kepengin beli. Ya jadi, gue nggak puasa deh. Tapi gue udah ganti kok. Nggak puasa pas mudik (perjalan jauh) gapapa. Coba baca penjelasannya lebih detil lagi di; http://www.ahmadzain.com/read/karya-tulis/184/orangorang-yang-boleh-meninggalkan-puasa/

Di bulan puasa, saat hari libur, gue suka nggak teratur untuk istirahat. Jadwal istirahat suka ngawur. Saking ngawurnya, sampe gaada jadwal istirahat.

Apa aja sih kegiatan lo saat bulan puasa?
Kegiatan gue dari sahur; sahur -> nonton teve -> sholat shubuh di Masjid (ciee) -> main bola sama temen-temen rumah -> tidur -> main ke rumah temen -> sholat dzuhur -> nonton teve -> main playstation di rental -> ngabuburit -> buka puasa -> sholat tarawih.

*****

Begitu kegiatan gue saat bulan puasa. Tapi yang disayangkan, kegiatan gue itu, kegiatan gue masih kecil. Belom segede sekarang. Semoga aja sih, tahun ini bisa ngelakuin hal kayak gitu lagi. Iya, kayak gitu. Main bola sehabis sholat shubuh. Bwehehe..

Oiya, ngomong-ngomong tentang acara teve buat nemenin sahur, gue punya acara favorit sendiri. Gue kalo main ke rumah temen juga ada mainan favorit juga. Ngabuburit? Pengin tau kedua hal itu? Coba simak. Cekidot, crot.. crot..!

Acara favorit saat bulan puasa


Para Pencari Tuhan

Nah, lo pasti tau kan acara ini? Ini acara favorit gue banget untuk menemani sahur. Coba simak nih sedikit cerita dari Para Pencari Tuhan berdasarkan cerita dari Wikipedia

Para Pencari Tuhan bercerita tentang kehidupan seorang merbot (penjaga mushala) bernama Bang Jack (Deddy Mizwar) dan ketiga muridnya yang mantan narapidana, yaitu Chelsea (Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj), dan Juki (Isa Bajaj). Setelah keluar dari penjara, Barong diusir dari komplotan curanmor lantaran sering menyanyi di pengadilan. Setali tiga uang, Juki yang mantan copet, ditolak mentah-mentah saat kembali ke rumah ibunya. Nasib Chelsea agak berbeda. Ketika akan mengajak rujuk kembali dengan mantan istrinya, Marni (Anggia Jelita). Ternyata sang istri sudah menikah dengan Sumarno, polisi yang menjebloskannya ke penjara.

Akhirnya mereka bertiga secara tak sengaja bertemu dan luntang-lantung menyusuri Jakarta yang tak lagi ramah. Seharian mereka menjumpai warung tutup. Hati mereka makin sakit, merasa dunia sudah benar-benar menutup diri bagi mereka. Mereka baru tersadar saat ada yang memberitahu bahwa hari ini adalah hari pertama bulan puasa, sehingga tak ada orang makan di warung.

Ketiganya kemudian terdampar di sebuah mushala bernama At-Taufiq. Di sana ada Bang Jack, penjaga mushala yang fanatik dengan bedug. Dia tak mau adzan jika belum menabuh bedug. Mantan tukang jagal ini akhirnya tak hanya menerima ketiga narapidana tersebut tapi sekaligus sudi membimbing mereka ke jalan yang benar. Sebenarnya ilmu agama Bang Jack sendiri pas-pasan sehingga dalam penerapan agama sering keliru. Untunglah ada Aya (Zaskia Adya Mecca) yang membantunya. Gadis cantik penjual kolak dan pengelola perpustakaan gratis ini paham soal agama. Aya adalah adik ipar Ustad Ferry (Akri Patrio), sang ketua pengurus mushala, yang pamornya tengah menanjak setelah menjadi komentator di sebuah televisi. Belakangan pupolaritasnya tersaingi oleh istrinya sendiri, Haifa (Annisa Suci Wulandari).

Dalam sinetron ini juga ditampilkan hubungan yang unik antara Bang Udin (Udin Nganga), seorang hansip, dan sahabatnya Asrul (Asrul Dahlan), seorang pria beristri satu beranak empat, dengan Pak Jalal (Jarwo Kuat). Bang Udin dan Asrul sering merasa kesal dengan Pak Jalal yang merupakan orang paling kaya di kampungnya. Sekesal apapun mereka tetap mendatangi Pak Jalal untuk diberikan pekerjaan pada saat mereka kekurangan uang untuk biaya hidup. Selain itu, sinetron ini juga diwarnai dengan kisah cinta Aya dengan Azzam (Agus Kuncoro), teman masa kecil Aya, yang berliku-liku. Walau lamarannya sudah tiga kali ditolak, Azzam tetap pantang menyerah mengejar cinta Aya.

Sinetron bergenre komedi religi ini--cerita dan skenarionya ditulis oleh Wahyu HS--penuh dengan pesan agama yang disampaikan secara ringan sehingga tidak terkesan menggurui. Data AGB Nielsen menyebutkan bahwa tayangan ini meraih share di atas rata-rata 32 persen, dan disaksikan oleh penonton pria/wanita dari hampir semua kelompok umur, 10-24 tahun, 30-39 tahun, hingga 40-49 tahun.

Apakah Para Pencari Tuhan (PPT) tontonan favorit lo juga? :))

Mainan gue pas ke rumah temen

Gue sering banget ke rumah temen gue buat main permainan yang melegenda ini. Yep, monopoli. Peraturan yang ngeselin menurut gue; kalo kita udah dapet kartu bebas penjara bisa kita jual ke bank seharga 500 rebu. Peraturan kalo ngejual kartu, uangnya sih sebenernya nggak segitu, ini peraturan temen-temen rumah gue aja, ngeselin emang. Tiba-tiba langsung mendadak kaya, euy, setelah ngejual kartu bebas penjara. :D

Apakah Monopoli permainan di rumah temen lo juga? :))

Oke, itu alasan gue menanti Bulan Ramadhan tahun ini (yang udah semingguan lagi). Ya, semoga aja kegiatan waktu dulu masih kecil, bisa terulang lagi. Bwehehe.. Kalo lo yang dikangenin dari Bulan Ramadhan / puasa apa? Ada? Yuk, komen!

Artikel Terkait

2 comment

tunggu aja postingan blog tentang kegiatan gue pas ramadhan *Promosi* wakaka

Minum diem-diem pas puasa masuk ke postingan juga gak? :p


EmoticonEmoticon