Jumat, 27 Juni 2014

Syarat Air Minum yang Layak Dikonsumsi

Air Minum

Air minum, apakah air yang anda minum sudah layak dikonsumsi? Nah, ini yang harus diperhatikan banyak masyarakat. Apakah air yang ia minum sudah layak atau belum. Banyak masyarakat yang tinggal di tempat kumuh tidak layak tinggal, tidak mempedulikan layak atau tidak air yang ia minum. Biasanya, air yang ia ambil dari kali/sungai, lalu langsung direbus. Air kali/sungai yang direbus, tidak sepenuhnya memusnahkan kuman - kuman bandel yang terdapat di air tersebut. Beda lagi dengan air keran, air keran hampir menyerupai air kali/sungai. Kenapa? Air keran yang direbus juga tidak sepenuhnya memunashkan kuman, masih terasa bau, dll.

Air minum yang layak dikonsumsi mempunyai syarat utama lho, syarat utamanya adalah sebagai berikut yang saya dapat dari artikel http://hexroindonesia.wordpress.com/syarat-utama-air-minum/:
  1. Air harus bebas dari unsur chlorine atau zat kimia lainnya
  2. Air tidak boleh mengandung bakteri atau kuman
  3. Tingkat keasaman pada air harus berkisar antara 6,5 sampai 8,5
  4. Endapan dan partikel terjadi di berbagai sumber air
  5. Tidak berasa bau dan mengandung rasa
Selain syarat utama di atas, air minum harus yang berkualitas. Berkualitas yang gimana? Berkualitas yang berdasarkan persyaratan empat macam parameter. Apa aja empat macam parameter itu? Parameter bakteriologis, parameter kimia, parameter radioaktif, dan parameter fisik.

1. Parameter Bakteriologis
Bakteri patogen yang memengaruhi kualitas air sesuai Kepmenkes , yaitu bakteri coliform.

Contoh bakteri coliform Escherichia coli, Clostridium perfringens, dan Salmonella. Bakteri patogen tersebut dapat membentuk racun setelah periode laten selama beberapa jam. Keberadaan bakteri coliform (E. coli tergolong jenis bakteri ini, yang banyak ditemui di kotoran manusia dan juga hewan) dalam sumber air menunjukkan kualitas sanitasi yang rendah dalam proses pengadaan air . Makin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform, makin tinggi pula resiko kehadiran bakteri patogen, seperti bakteri Shigella (penyebab muntaber), dan bakteri S. typhi (penyebab tifus, kolera, dan disentri).

2. Parameter Kimia
Parameter kimia meliputi kandungan bahan-bahan an-organik dan bahan-bahan an-organik. Air minum secara kimiawi tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat (misalnya Hg, Ni, Pb, Zn,dan Ag) ataupun zat beracun, seperti senyawa pestisida, desinfektan, hidrokarbon, dan detergen. Ion logam berat dapat mendenaturasi protein. Selain itu, logam berat dapat bereaksi dengan gugus fungsi lainnya dalam biomolekul. Di dalam tubuh, logam - logam berat tersebut akan tertimbun di berbagai organ terutama saluran cerna, hati, dan ginjal. Oleh karena itu, organ - organ tersebut sering mengalami kerusakan jika mengonsumsi air yang tercemar oleh bahan kimia.


3. Parameter Fisik
Parameter fisik yang harus dipenuhi pada air minum yaitu harus jernih, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Sementara itu, suhu air minum sebaiknya sejuk dan tidak panas. Selain tu, air minum tidak menimbulkan endapan.



4. Parameter Radioaktif
Air minum tidak boleh mengandung bahan - bahan radioaktif maupun aktivitas radioaktif. Salah satu faktor yang tidak kalah penting dalam menentukan kualitas air yang layak konsumsi, adalah kandungan TDS (Total Dissolved Solids) atau kandungan unsur mineral dalam air. Contoh unsur mineral dalam air yaitu zat kapur, besi, timah, magnesium, tembaga, sodium, klorit, dan klorin. Air yang mengandung mineral tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan. Mineral dalam air tidak hilang dengan cara direbus/dimasak. Mineral yang baik bagi tubuh manusia yaitu mineral organik yang berasal dari sayur, buah, daging, telur, atau susu. Mineral dalam air minum merupakan mineral non-organik. Menurut standar WHO, air minum yang layak dikonsumsi memiliki kadar TDS < 100. Apabila terlalu banyak mineral non-organik di dalam tubuh dan tidak dikeluarkan, seiring berjalannya waktu akan mengendap di dalam tubuh yang mengakibatkan tersumbatnya bagian tubuh.

(sumber: http://zonabiokita.blogspot.com/2013/08/parameter-air-layak-dikonsumsi.html)

Pertanyaan: "Apa air keran yang direbus bisa memenuhi syarat utama 'air minum layak dikonsumsi' di atas tadi?" Belum tentu! Sekarang tidak usah merebus air keran lagi. Sekarang ada produk yang praktis dan nyaman digunakan. Produk yang mempunyai teknologi canggih, yang bisa membuat air keran menjadi air yang layak dikonsumsi. Bisa dibilang, produk ini dapat menjadi pemurni air. Wah, apa sih nama produknya? Namanya adalah Pure It Marvella. Ada yang belum tau apa itu Pure It Marvella? Yuk, simak.

Banner Pure It Marvella - Air minum terlindungi dari kuman, sangat praktis dengan pengisian otomatis!


Pure It Marvella adalah cara mudah untuk membuat air keran menjadi air layak untuk dikonsumsi, praktis dan nyaman. Tidak usah merebus air keran lagi. Bicara soal harga, Pure It Marvella ini bisa dibilang harganya cukup terjangkau.  Harga Pure It Marvella adalah Rp 2.500.000,00. Masih dibilang mahal? Tapi, disimak dulu manfaat dari si Pure It Marvella ini.

Manfaat Pure It Marvella adalah dilengkapi dengan berbagai filtur unik, antara lain:

A. Advance Alert System
Memberi petunjuk 150 liter sebelum GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang). Asumsi 2 liter/orang/hari.

B. Auto Shut Off
Menghentikan aliran air ketika lampu UV atau komponen penting lain dalam Pureit Marvella tidak berfungsi.

C. Kapasitas Penampungan 4 Liter
4 liter air minum tersedia dan bisa dimanfaatkan bahkan di saat tidak ada listrik.

D. Pengisian Air Otomatis
Nyaman tidak perlu melakukan pengisian manual.

E. Pemurnian Dengan Standarisasi US EPA
Memunuhi kriteria yang sangat ketat dari EPA (Environmental Protection Agency), Amerika Serikat dalam hal pembasmian virus, parasit dan bakteri yang berbahaya.

F. Perlindungan Tegangan Listrik
Untuk mencegah kerusakan akibat perubahan tegangan yang tiba-tiba.


Pure It Marvella Bekerja Melalui 4 Tahap Pemurnian (Technology UV)


Keterangan gambar:
1. Filter Sedimen
Fungsinya adalah menghilangkan kotoran yang terlihat

2.Filter Karbon Aktif
Fungsinya adalah menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau

3. Filter Sedimen Plus
Fungsinya adalah menghilangkan partikel karbon dan kotoran lainnya

4. Sinar UV IntensitasTinggi 11 Watt
Fungsinya adalah menghilangkan parasit, virus, dan bakteri berbahaya

*Tambahan: Pure It Marvella memiliki perangkat pembunuh kuman (GKK) yang diganti setelah memumikan 300 liter air. Lama waktu penggantian tergantung banyaknya konsumsi air di ruma Anda.

(sumber: blog Pure It)

Gimana, tertarik menggunakan produk Pure It Marvella ini? Sekarang sudah tau kan manfaat dari produk canggih ini? Tunggu apalagi, segera miliki Pure It Marvella!

Ingin memiliki? Hubungi:
Suara Konsumen Pureit (pulsa lokal) – 500258 (PSTN) atau  <kode area lokal> 500258 (GSM)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon