Rabu, 27 Agustus 2014

Pemrograman Web, Pelajaran Asik Terbaru!


Pemrogaman Web, sekarang menjadi mata pelajaran asik terbaru gue. Hah? Di SMP lo ada mata pelajaran itu?. Nggak tau ya, sekarang gue udah SMK kali. Lah, katanya bingung milih sekolah, kok udah masuk ke SMK aja sih?. Iya, waktu itu gue emang sempat bingung milih sekolah, karena kata hati gue dan dapat masukan dari beberapa teman sesama blogger yang ada di artikel ini, akhirnya gue sekarang udah menjadi murid SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Akhir-akhir ini gue lagi suka banget sama pelajaran Pak Dwi; sistem operasi, Pak Wahyu; pemrograman dasar, Pak Syahroni; jaringan dasar, Pak Irham; pemrograman web. Dari keempat pelajaran itu, gue paling suka banget sama pelajarannya Pak Irham; pemrograman web. Kenapa gue suka? Emang, niat gue dari awal masuk ke SMK jurusan RPL bisa mengerti dipelajaran ini, pemrograman web, pelajaran utama yang harus gue kuasai dari sekarang. Gue emang merasakan banget keseruan dalam pelajaran ini. Selain pelajarannya seru, mudah dipahami oleh gue, gurunya juga seru.

Rabu minggu kemarin dia, Pak Irham, nggak ngajar katanya, dan gue juga nggak masuk karena sakit. Kemarin, dia menerangkan struktur html sederhana ke kelas gue. Gue merasa seneng, bisa belajar beginian. Walaupun, masih belajar dasarnya. Pak Irham, menerangkan cara: membuat tag textbox, cara membuat tag tombol submit, dan cara membuat tag tombol reset. Lumayan, walau hanya tiga code tag html. Selain itu, Pak Irham juga memberikan contoh penggunaannya.

<html>
<head>
    <title>biodata<title/>
</head>
<body>
nama : <input type=text name=text /><br/>

<input type=submit name=submit value=kirim/>
<input type=reset name=reset value=batal/>
</body>
</html>
Tadi, ada pelajaran Pak Irham, pemrograman web. Dia memberi tugas ke seluruh murid yang ada di kelas gue, X RPL 1, untuk membuat tugas biodata dengan html. Temen-temen gue yang kurang faham dipelajaran ini, langsung bertanya-tanya. "Gimana cara ngebuatnya, Pak??." Lalu, Pak Irham menjawab dari pertanyaan temen-temen gue yang belum faham. Gimana caranya? 1.) Punya notepad++, notepad biasa juga bisa. dan 2.) Siapkan struktur dasarnya. Struktur dasar biodatanya seperti ini:


Belajar ginian emang seru banget bagi gue. Seru deh, pokoknya. Tapi, pelajaran seru, mungkin juga tergantung dari gurunya ya? Bisa jadi, sih. Nggak nyesel emang gue pilih jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Semoga pelajaran-pelajaran seru, salah satunya ini, jam pelajarannya ditambah. Ditambah satu jam-dua jam kan lumayan. Hehehe.

Oke deh, segitu aja curhatan gue tentang pelajaran asik terbaru gue. Semoga gue bisa terus mengikuti pelajaran ini, pemrograman web dan lainnya. Aamiin.

Artikel Terkait

6 comment

Jadi inget dulu pas kuliah belajar web pertama kali :D
mending pake notepad , jangan terjebak WYIWYG macam dreamweaver , kayak saya :( ...

mau banget dapet pelajaran kayak gini. ajarin dong :)

Ajarin? Masih newbie di bidang IT :D

pas gue SMA juga belajar gini nih.. asik emang, apalagi buat blogger biar bisa edit-edit template.. tapi belum nyoba CSS ya? Seru juga tuh :D

Iya emang asik, penting juga emang blogger biar jago edit-edit template hehe. Nyoba CSS? Kayaknya sih semester 2. Iya seru kayaknya. :D

Kalo di sekolah gue semester 1 baru nyampe di multimedia, kayak embed , bgsound, dan sebagainya.


EmoticonEmoticon