Sabtu, 11 Oktober 2014

Ciri-ciri Blogger Keren

Blogger keren, mungkin maksud gue disini bukan dari tampang masing-masing blogger yang dibilang kerennya. Tapi dari etika si blogger. Menjadi seorang blogger, harus tau juga etika dalam dunia blogger. Gue bisa bilang gini, karena, udah banyak yang melanggar etika di dunia pembloggeran.

Contoh yang gue sering temukan, meng-copy-paste artikel tanpa izin resmi dari si blogger pemilik artikel tersebut. Walaupun sudah mendapatkan izin, tapi si blogger peng-copy-paste artikel tersebut, tidak mencantumkan sumber di bawah artikelnya. Jelas-jelas, artikel tersebut bukan asli buatan si peng-copy-paste artikel.

http://www.uwedzblog.com

Hari ini, gue nggak ngebahas masalah etika-etika di dunia pembloggeran. Gue mau ngebahas ciri-ciri blogger keren itu seperti apa. Mungkin, setelah lo udah keren menjadi seorang blogger, lo kemungkinan bisa mendapatkan jodoh selama-lama-lama-lama-lama-lama-lama-lama-lama-lama-lama-lama-lamanya. Iya. Gitu.

Yuk simak, apa aja sih ciri-ciri blogger keren!

1. Mencantumkan sumber artikel asli, jika ia meng-copy artikel tersebut.
Walaupun artikelnya sedikit hasil copy-paste, blogger seperti ini dapat dibilang sudah menjadi blogger keren. Jelas keren, jarang kita melihat blog yang (maaf) isi artikelnya penuh dengan copy-paste, tapi tidak mencantumkan sumber asli. Malah, dia membuat kotak pesan (biasanya) di bawah artikel (samping tombol share). Contoh seperti ini:

Jangan lupa mencantumkan sumber

2. Mecantumkan sumber gambar yang di copy-paste kan ke blog.
Iya, sama hal seperti di atas, tapi hal yang satu ini adalah mencamtukan/tidaknya sumber gambar. Yap, mencantumkan sumber gambar yang di copy-paste dari blog/web blogger lain juga penting, karena kita bisa menjaga etika kepada blogger yang memiliki gambar tersebut. Jika kita tidak mencantumkan sumber gambar pada gambar hasil copy-paste, ke-kerenan kita sebagai blogger hilang 45% dalam diri kita.

3. Menata template menjadi rapih, serapih dipandang pengunjung.
Mungkin kalian nggak ngerti apa maksud kalimat yang di atas. Sama. Gue.  Juga. Nggak. Ngerti. Tapi, maksud gue gini, blogger yang keren adalah dimana blogger itu sendiri mementingkan template terlebih dahulu. Blogger keren, dimana blogger itu sendiri juga bisa menganggap blog seperti halnya rumah sendiri, perlu kerapihan. Sama seperti template blog, (mungkin) template blog wajib rapih.

Kenapa?

Jika template blog kita nggak rapih (rumah kita nggak rapih-kotor), apakah ada pengunjung yang betah berlama-lama di blog (rumah) kita? Kalau ada, pasti mustahil kan? Iya. Mustahil. Yang gue maksud dari di atas seperti itu, menata template blog menjadi rapih-sama dengan halnya merapihkan rumah. Ketika udah menjadi rapih, pengunjung pun akan ikut senang, dan akan berlama-lama di blog kita.

Hal ini pernah gue alami secara nyata, gue berkunjung ke blog Mas Hena (Founder Forum Jamban Blogger), gue betah banget berkunjung/blogwalking ke blog doi. Kenapa? Karena blognya rapih. Dari header, sidebar, content, font, footer, adsense, tertata rapih di blognya. Blogger yang udah ngelakuin hal yang kayak gini, ke-kerenan blogger yang ada di diri kita menambah 94,5%.  Wow, kan!?


===

Nah, itu dia sebagian ciri-ciri blogger menurut gue. Kalo menurut lo, ciri-ciri blogger keren seperti apa sih? Apa setuju sama pendapat gue? Komen, yak!

Artikel Terkait

11 comment

wah , kadang saya lupa cantumin sumbernya terutama sumber gambar :(
setidaknya saya masih keren 55%

Terus update lagi gan!

Sama, saya juga pernah tanpa mencantumkan sumber. Ya, makin kesini, makin belajar juga tentang etika di dunia blogger. Hehe :D

Alhamdulillah 55%, kalo bisa sampai 100% ya, Mas! =D:p

Cerdas ysekali Kak Muhamad Ramadani. Etika dalam Blogging itu penting banget, dan semua itu tercermin ketika Blogwalking. Bisa betah berlama-lama atau hanya ninggalin sampah dalam komentar. Saya juga Blogger pemula yang haus akan berita, dan copy paste bisa menjadi akar masalah di masa depan. Saya takut tidak menyantumkan nara sumber berita, atau potongan gambar yang di cari dari mbah google. kamu salah satu blogger KEREN!

Terima Kasih Kak Muhamad Ramadani

Iya, penting banget. ^_^

Aduh, jadi gaenak dibilang keren. :p

wah. gua belum keren seutuhnya nih. template gua blm rapi bener.

Wah ane disebut-sebut haha, btw linknya dibenerin dong. Blog ane udah gak henawirasatya lagi, tapi henasatya.com.. *Lumayan backlink*

x))))

Huehehe..
Oiya udah ganti, done Mas..

Di klik coba. Di saya udah ganti kok jadi henasatya.com.


EmoticonEmoticon