Sabtu, 06 Desember 2014

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Saat battery sedang lemah dan lalu kita mecharger battery smartphone kita, sering kali kita tidak merhatikan beberapa hal. Apa aja halnya? Simak, ya!

Kalo battery smartphone lemah emang bikin bete. Lagi asik-asik main game, streaming, dan chatting tiba-tiba battery smartphone kita lemah (re: lowbatt). Nggak asik banget kalo udah kayak gini. Terus di charger tanpa aturan, apa yang bakal terjadi untuk battery smartphone kita kemudian waktu? Umur battery tidak akan bertahan lama, dikatakan bakal cepet rusak. Nah lho, nggak mau kan baru ganti battery udah harus ganti lagi?

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Jadi, setelah sekitar satu setengah bulan lebih gue nggak nongol di blog gue ini, gue mau ngeshare tips gimana cara mecharger yang baik untuk smartphone android. Jangan sampe, battery smartphone kamu cepat diganti. Cekidot!

1. Perhatikan suhu, tegangan dan kapasitas battery

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Ini pertama yang harus disimak dan dipraktekan, melihat suhu, tegangan, dan bahkan kapasitas. Hal yang utama diperhatikan melihat suhu battery. Jangan sampai mecharger smartphone dengan kondisi seperti gambar di atas. Mengapa? Jika suhu dalam keadaan di atas 33°C jangan langsung mecharger, tunggu hingga suhu dalam kondisi yang benar-benar stabil antara 25-31°C.

2. Perhatikan kecerahan layar

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Setelah memperhatikan suhu battery, saatnya memperhatikan kecerahan layar pada smartphone kita. Hal ini cukup penting. Jangan sampai kita mecharger pada saat kecerahan layar kita maksimal kecerahannya. Mecharger dengan kecerahan layar yang maksimal tidak dianjurkan. Mengapa demikian? Percuma aja kita mecharger, tapi kecerahan layar mengkonsumsi daya/kapasitas battery kita. Bisa-bisa lama deh tuh ngechargernya. Hehehe.

3. Perhatikan persentase battery

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Selanjutnya, perhatikan persentase battery smartphone. Jangan keseringan mecharger dengan persentase di bawah 15%. Persentase yang baik untuk melakukan mecharger smartphone antara 20-25 persen. Mengapa demikian? Melakukan hal ini, 'katanya' dapat memperpanjang umur battery smartphone kamu. Katanya sih.. Gue juga boleh baca di blog-blog lain yang gue temui di google.

4. Gunakanlah chargeran original

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Selain itu, gunakanlah chargeran yang original. Misal smartphone kamu merek samsung, gunakanlah chargeran yang mereknya sama dengan merek smartphone kamu. Jangan terbiasakan meminjam chargeran teman atau saudara kamu, takutnya tidak ada kecocokan dan bisa mengakibatkan fatal pada battery smartphone kamu.

5. Tidak selalu mecharger di laptop

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Tips berikutnya, tidak selalu mecharger smartphone di laptop. Selain tidak baik untuk battery smartphone kamu, kemungkinan juga battery smartphone kamu bakal cepat diganti. Bukannya nakutin. Tapi kan masih ada chargeran, kenapa musti mecharger di laptop? Hihi. Tanpa kecuali, tidak ada sumber listrik di sekitar kamu.

6. Tidak disarankan mecharger sampai battery penuh bahkan dibebani

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Chargerlah smartphone sampai persentase memasuki angka 80-90, jangan sampai penuh (100 persen) apalagi sampai dibebani. Untuk mencegah hal ini, hindari mecharger ketika mau tidur dan berpergian tanpa membawa smartphone.

7. Selalu matikan perangkat

Tips Mecharger Battery Smartphone Android

Kalo udah menyimak keenam tips di atas, coba simak tips terakhir ini; selalu matikan perangkat. Mengapa demikian? Mematikan perangat/smartphone kamu adalah cara yang manual sekaligus cara yang terbaik. Karena, mematikan perangkat sama aja dengan mematikan kegiatan kamu dengan smartphone kamu, dengan hal ini akan dapat mempercepat kamu mecharger dan juga dapat memperpanjang umur dari battery smarphone android kamu lho.

Artikel Terkait

4 comment

Thanks infonya bro :)

www.fikrimaulanaa.com

sekarang gue ngerti kenapa batre gue bocor dengan cepat :'(

Pasti nggak pake popok, iya kan :'(


EmoticonEmoticon