Minggu, 08 Februari 2015

Mengenal Apa Itu Job Review

Awal pertama kali nge-blog, nggak ada sama sekali niatan untuk mencari recehan dari blog. Dulu, saya berniat untuk membagi tips trik mengenai BlackBerry dan informasi lainnya dari blog. Nggak kerasa udah satu tahun berkecimpung di dunia blogger. Pasti ada lah sedikit-sedikit niatan untuk mencari recehan dari blog. Entah itu dari pemasangan adsense (Google Adsense atau Adsense Lokal), ikut program afiliasi (Seperti di Bilna.com), atau bahkan mendapatkan Job Review.

Seperti yang saya katakan di atas, mendapatkan recehan dari blog bisa mengikut program Adsense yang dimiliki Google. Kenapa harus Google?, karena blogger akan dibayarkan dengan dollar. Siapa yang nggak mau dibayar dengan dollar? Hehehe. Selain itu, juga bisa mengikuti program afiliasi. Kerja program tersebut adalah membantu menjual produk, dengan cara memasang banner produk itu di blog dengan link yang dituju ke produk tersebut. Setelah memasang, dan ada yang membeli produk tersebut melalui link yang ada di banner blog, kamu akan mendapatkan persenan dari setiap pembelian. Di website Perlengkapan Rumah, bilna.comKebutuhan Keluarga itu sendiri, akan mendapatkan 5% dari tiap pembelian. Lumayan,  bukan?

uwedzblog.com

Adsense dan Afiliasi udah dibahas, sekarang bicara soal job review. Untuk mendapatkan job review nggak gampang untuk mendapatkannya. Brand besar nggak sembarang melirik blog. Pasti ada seleksi, blog mana yang dapat giliran job review. Biasanya, diliat dari pageviews blog tersebut yang akan mendapatkan job review. Job review itu adalah tawaran kerjasama buat blogger untuk me-review produk dari brand yang menawarkan kerjasama tersebut. Buat blogger awam, termasuk saya, sangat sangat susah untuk mendapatkan tawaran seperti ini.

Menurut saya, blogger awam yang pernah mendapatkan job review ialah blogger yang sangat beruntung, blogger profesional sekaligus. Job review ini tawaran kerjasama yang paling asik untuk mendapatkan recehan dari blog, dibanding mengikut program ads dan afiliasi. Biasanya, kita hanya meminta untuk mempromosikan produk ini dengan cara me-review. Review selesai, kita dapat bayaran. Beda dengan adsense dan afiliasi. Untuk adsense, kita baru bisa pay out setelah angka mencapai target minimal untuk pay out. Sedangkan afiliasi, kita baru mendapatkan persenan setelah ada orang yang membeli produk dari banner afiliasi itu. Emang, mencari recehan dari blog itu nggak semudah yang dibayangkan.

Banyak sekarang, blogger awam tujuan nge-blog itu untuk mencari uang, betul?. Iya. Pasti betul jawabannya. Cobalah dari yang dasar, mengikuti program adsense, disusul dengan program afiliasi. Jika kedua itu udah terlaksana, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan tawaran job review. Tapi, gimana bisa mendapatkan tawaran?. Bisa kok. Gimana caranya agar kamu mendapatkan tawaran job review?, simak cara agar blog kamu dilirik untuk mendapatkan job review dari saya berikut ini:

  1. Blog kamu harus kaya akan pengunjung. Iya, saya tahu, buat blogger awam untuk mendapatkan pengunjung nggak gampang. Banget malahan. Jadi gimana caranya agar mendapatkan pengunjung banyak dan akan menjadi setia mengunjungi blog kamu?. Yak, pertama kamu harus punya ciri khas tersendiri dari blog yang kamu buat, usahakan punya niche blog (jika ada waktu luang akan saya bahas apa itu niche). Kedua–Kebanyakan, blogger awam itu nggak memandang tulisan, ia pasti akan terus berbagi dan berbagi. Eit, tulisan itu penting, kamu harus bisa menulis artikel yang unik, agar, brand dapat melirik blog kamu untuk mendapatkan tawaran job review. ketiga, agar kamu kaya akan pengunjung, buatlah judul blog yang menarik (beda dari yang lain), dan kamu juga harus rajin mempromosikan artikelnya di media sosial dan lain-lain. Dan yang terakhir agar blog kamu kaya akan pengunjung, cobalah dengan cara blogwalking. Blogwalking itu apa?. Kegiatan mengunjungi blog lain dan nggak lupa untuk meninggalkan komentar diartikel yang kamu baca. Sebagai gambaran di dunia nyata, blogwalking ini ialah silaturahmi.
  2. Tulisan blog kamu unik dan tampilan blog kamu menarik. Bagi blogger awam atau pemula, cobalah perhatikan tulisan dan tampilan/template blog. Saran saya, kamu harus bisa menulis unik dan tampilan/template blog kamu menarik. “Bagaimana bisa saya menilai tulisan unik?”. Jawabannya bisa. Kamu perlu menulis artikel di Microsoft Word terlebih dahulu, lalu kamu cek di http://smallseotools.com/plagiarism-checker, diusahakan artikel kamu itu mencapai 100%. Tapi, bagi blogger awam, di atas 70% aja udah lebih dari cukup. Point kedua, blog kamu mempunyai tampilan menarik. “Menarik yang seperti?”. Ya menarik. Nggak banyak widget aneh yang nggak penting di blog, font juga harus disesuaikan (font default: Arial, Calibri, Verdana)  dan yang terpenting warna blog kamu enak dipandang (menggunakan warna yang cerah).

uwedzblog.com

Dua point itu tadi yang menurut saya perlu diperhatikan buat blogger pemula. Kalo dua point di atas berjalan dengan mulus tanpa halangan, bisa jadi kamu akan mendapat tawaran job review. Wah, kapan lagi iya kan?, hehehe. Buat blogger pemula, kalo pengin dapet job review, jangan pernah takut untuk mencoba. Mencoba apa?, mencoba dua point yang saya sebutkan tadi. Mendapatkan job review buat blogger pemula itu, kado teristimewa banget, bener deh. Yaa... walaupun saya belum pernah ada tawaran job review hehehe.

===

Ya, sekian dari saya membahas Mengenal Apa Itu Job Review. Semoga, blogger awam atau pemula yang tujuannya mendapatkan uang dari blog, bisa mendapatkannya dari job review. Mungkin nggak sekarang, karena blog masih sedikit pengunjung dan tulisan–tampilan blog juga belum sreg. Siapa tahu, bisa besok-besok setelah kaya akan pengunjung & tulisan blog juga unik dan tampilan blog kamu menarik, jadi menjadi mudah untuk dilirik.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

Artikel Terkait

29 comment

Wah alhamdulillah saya udah pernah dapat tawaran job review waktu itu dari zalora. Dan sampe skrg masih berharap ada yang nawarin lagi hal serupa.

Wah, alhamdulillah ya. Semoga saya bisa menyusul :))

Wah, lomba blog --- asyik ikutan ah
*salah fokus :D

Biasanya di mana ya kita bisa cari suatu brand yang lagi menyediakan job itu

Yuk, ikutan juga. Semoga menang :D

Wah, saya kurang tau kalo masalah itu hehe

Saya belum pernah dapat job review nih. Padahal blogger sekitarlu udah banyak yang dapet. Jadi pengen. Mungkin karena PV blog masih sedikit kali ya?

Btw, jadi pengen ikut lomba ini juga. Hehe.

Hahaha iya, mungkin karena PV. Atau hal lainnya.

Yuk, ikut meramaikan juga Bang.

Semoga blog gue banyak yg ngereview :)

Aku dapet sih tawaran, tapi masih belom dikonfirmasi. Mau nanyain ama temen-temen blogger dulu. BTW, semoga sukses ya lombanya.

Menarik nih tulisannya, apalagi yang tentang SEO itu. Selama jadi blogger blm pernah dpt job review juga. Adsense ditolak krn kebanyakan gambar, dan affiliate link juga nggak lancar2 banget. hehehe jadi curhat. Semangat laah belajar cari uang melalui blog :)

Semoga cepat dikonfirmasi hehehe.

Iya, makasih.

Waduh karena kebanyakan gambar ditolak Adsense. Dicoba lagi dong, Kak. Hahaha.

Semangat :)

duh. ini nih yang masih susah banget dapetinnya. dan satu tips lagi, sering-sering lah melakukan review juga sebelumnya. entah novel atau apa gitu. utk semacam portofolio

Nah iya bisa nih, sebelumnya juga sering-sering ngereview

semoga setelah membaca artikel ini kemudian menerapkan, setelah itu dapat rezeki job review

wah aku malah belum pernah dapet job review, masih berusaha untuk mendapatkannya X)

no 1 susah banget gan no 2 juga hehe

ga susah kok, gampang. bener kan Ramadani? yok nyari receh...

Iya, gampang gan, asal punya kemauan aja untuk mendapatkan kedua point itu hehe.

Yok, cari receh..

@ary: Ya begitu gan, tapi kalo terus belajar dan belajar pasti bisa kok gan :))

kunjungan perdana nyimak dulu (maklum masih pemula)

saya juga pernah beberapa kali mendapat permintaan review mas ramadan,
saya tambahin ya, tingkatin DA dan PA minimal 20

Ayooo ke sukaoutdoor.com !!!!
DISANA BANYAK PERLENGKAPAN UNTUK LARI, SEPEDA, RENANG, DAN TRIATHLON !!!
MULAI DARI BAJU, CELANA, KACAMATA, SEPATU DAN MASIIIIH BANYAK LAGIII !!!
SUKAOUTDOOR.COM MENYEDIAKAN PERLENGKAPAN OLAHRAGA MULAI DARI YANG PEMULA HINGGA YANG EXPERT SEMUANYA ADA DI SUKAOUTDOOR.COM !!
SO, TUNGGU APA LAGI !! LANGSUNG SERBUUUU SUKAOUTDOOR.COM !!! DIJAMIN PRODUK YANG DI JUAL BERKUALITAS LHOO !!!
LANGSUNG KUNJUNGI WEBSITENYA SUKAOUTDOOR.COM !!!

STAY HAPPY, STAY FIT !!!

saya buka jasa review jg hehe..

silahkan aja klo mau mampir
media2give.com


EmoticonEmoticon