Selasa, 17 Maret 2015

Anak RPL, Jangan Banyak Omong

Anak RPL, Jangan Banyak Omong

Siapa yang nggak tau sama jurusan kece yang satu ini, RPL. RPL itu kepanjangan dari Rekayasa Perangkat Lunak. Ngapain aja sih kerjanya si RPL ini? Membuat program. Awalnya, gue nggak sempat memikirkan untuk masuk kejurusan kece yang satu ini. Kenapa? Karena awalnya, gue emang nggak bisa apa-apa di bidang ini. Dulu, gue sempat mikir untuk meneruskan masuk ke SMA aja bareng temen-temen SMP. Malah, gue udah punya tujuan SMA yang sama dengan tujuan temen gue.

Di tahun 2013 akhir, gue mencoba membuat suatu blog dengan tampilan seadanya. Gue nggak punya tujuan untuk nge-blog. Nggak seperti kebanyakan blogger lain, tujuannya beragam-ragam. Misal, pengin sekedar berbagi, menambah pengetahuan, mencari rezeki, dan lainnya. Di awal tahun 2014, gue sedikit-sedikit mengenal bahasa pemrograman yang ada di dalam suatu blog. Ya seenggaknya, gue tau bagaimana struktur dasar HTML. Karena pelajaran TIK di sekolah gue nggak belajar ginian, gue jadi merasa nggak penting mempelajari kode-kode unik yang ada di dalam suatu blog.

Dari kejadian itu, gue sempat mikir untuk masuk jurusan yang bersangkutan dengan kode-kode unik blog. Setelah menghadapi ujian-ujian di kelas sembilan, gue malah jadi niat masuk ke SMK Negeri, yang awalnya itu di jurusan Multimedia, bisa baca di sini. Tapi gue nggak keterima di sekolah itu. Pernah mikir putus harapan di jurusan yang bersangkutan dengan teknologi, tapi alhamdulillah gue sekarang masuk di SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, jurusan yang gue dambakan.

...

Kebanyakan, anak RPL itu nggak bisa kalem. Contohnya, kayak kelas gue yang sekarang. Gue merasa, kelas gue di SMK ini lah kelas yang paling terbising yang pernah gue alami dari SD, SMP, dan sekarang. Tapi, anak RPL dari angkatan pertama dan kedua di sekolah gue, anak-anaknya solid dan kompak. Semoga angkatan ketiga RPL (kelas gue) bisa seperti angkatan pertama dan kedua. Btw, kebanyakan temen-temen gue juga banyak omongnya. Dan paling parah lagi.. susah diaturnya. Ini lah hal penting yang harus diperhatikan sebagai Anak jurusan RPL. Mengapa demikian?

Anak RPL itu nggak perlu banyak omong, perlunya banyak ngoding

Janganlah menjadi anak RPL yang banyak omong. Dalam artian, anak yang selalu berisik di kelas, selalu membuat rusuh, caper nggak karuan, dan lainnya. Anak RPL itu nggak butuh omongan yang banyak, tapi butuh codingan yang banyak. Karena membuat suatu program bukan dengan omongan, tapi dengan codingan.

Perlu diketahui, menjadi anak RPL yang bersifat seperti di atas, pasti akan susah untuk menangkap dan mencerna dari pelajaran produktif. Kebanyakan temen-temen gue selalu mengabaikan pelajaran Perakitan Komputer, Simulasi Digital, dan yang paling parah lagi mengabaikan pelajaran Pemrograman Web. Padahal, Pemrograman Web ini lah pelajaran dasar yang dimana murid mempelajari HTML, CSS, JS, dan lainnya. Ini pelajaran penting banget buat yang minat membuat Website. Oiya, maksud dari mengabaikan di atas adalah tidak ada kepedulian untuk menyimak pelajaran, selalu bercanda ketika guru sedang menerangkan , dan sebagainya. Anak RPL, tidak butuh sifat seperti ini. Karena akan fatal jika sifat ini terus berlanjut untuk di kemudian waktu.

***
Kesimpulan:
Menjadi anak RPL itu emang nggak mudah, seperti yang dilihat kebanyakan orang. Tapi jika bersungguh-sungguh mempelajari, pasti akan terasa mudah. Jadi anak RPL itu jangan banyak omong, apalagi berperilaku jelek. Karena, dua sifat ini tidak akan ada gunanya di dunia industri nanti. Okee, curhatan gue ini emang nggak ada nyambungnya, tapi curhatan gue ini mungkin bisa bermanfaat bagi kalian yang pengin masuk ke jurusan kece yang satu ini, Rekayasa Perangkat Lunak. J

Artikel Terkait

52 comment

yang penting itu action action gitu huehehee :)

Sampe sekarang gue gak ngerti kenapa disebutnya Rekayasa Perangkat Lunak? Jadi kita kerjanya cuma boongan gitu ya? Atau jangan-jangan softwarenya kita kibulin?

Gue pas SMA dulu gak kepikiran masuk SMK, soalnya anak SMK di daerah gue pada begajulan semua, jadi gue pikir ngeselin aja kalo sampe ngikut mereka -_-

Waduh, kalo bahas soal coding. Gue angkat tangan bangetlah. Gak terlalu ngerti.

Soalnya masih belajar, jadi gak terlalu ngerti. "Pangeran sering pusing." ?D

waduh, ngga dikibulin gitu juga kali haha

kalo itu sih tergantung dari diri kita sendiri bang, mau ke jalan yang bener apa salah :))

angkat tangan gimana, css jago gitu ente bang :D

minum obat pangeran haha

emang itu yang harus diterapin " gak banyak omong, tapi banyak ngoding ". gue gak terlalu paham juga bahasa pemrograman awalnya.. haha :v

emang itu yang harus diterapin " gak banyak omong, tapi banyak ngoding ". gue gak terlalu paham juga bahasa pemrograman awalnya.. haha :v

intinya bagi anak RPL jangan kebanyakan ngomong tapi perbanyak codingan,hehe sukses ya RPL nya :D

hmm ya gitu deh :D hehe thank you!

haha sama gue juga ga terlalu paham :v

kalau kita bersungguh-sungguh mempelajari semuanya pasti terasa mudah apalagi untuk zaman modern sekarang RPL sangat banyak dicari dan diincar oleh industri IT, keren nih bro semangat terus

Wigel Wigel(EAGLE) delete 13 Mei, 2015 19:17

waduh... semenjak liat blog ini.. jadi beneran tau kalo RPL itu ternyata Coding soalnya saya dari kemaren nyari jurusan yang coding-coding Program... awalnya aq sih pingin masuk ke MultiMedia tapi kulihat.. ternyata itu jurusan yang menyangkut ke bagian editor/design lalu ku cek ke jurusan TKJ(Teknologi Komputer & Jaringan) awalnya aq tertarik.. tapi ternyata lebih condong ke Hardware plus hanya perbaikan(setau aq) software jadinya aq mikirnya kalo TKJ itu jurusan buat yang mau jadi Repairman... lalu aq cek ke jurusan RPL(Rekaya Prangkat Lunak) awalnya sempet bingung... apakah seperti MultiMedia yang ngedit-ngedit dan nge-desain atau gimana... tapi aq liat sampe ada web programming dan database programing... tapi semenjak liat blog ini dan membacanya dengan seksama... sekarang aku tahu(maksudnya bukan tahu yang bisa dimakan) kalo RPL ternyata lebih condong ke programming daripada MultiMedia... tq inpoh nya kaak... besok-besok aq bakal(maunya sih) masuk ke SMK jurusan RPL TQ banget ya inpoh nya ^ ^

Hehe iyaa semangat pastinya :))

Iya sama-sama yaa, semangat! :))

bagi pengalaman dong saya baru masuk smk rpl

Silakan e-mail aja gan ke sini : rama.uedz@gmail.com

kalau aja ada jurusan ke bidang game :v jadi enak tuh udah gede jadi gamer yg bisa ngasilin duit sendiri dari game :v

kalo aq sih anak TKJ gan..
tpi pengen juga belajar banyak program dari anak RPL

gimana caranya ya..??

tlong ya gan...

Nimbrung bareng dengan anak-anak RPL gan :)

Ehem.. Gini kak, kan aku mau msuk SMK, dan mungkin klo gk msuk SMK Negeri jurusan BC, aku bakal milih jurusan RPL.. Nah yg jdi pertanyaan, apa yang harus dimiliki pelajar RPL? Mungkin laptop atau semacamnya? Mohon bantuannya smile emotikon Thx..

Jadi Rekayasa Perangkat Lunak itu bukan merekayasa suatu perangkat lunak, kak. Yg dimakasud Rekayasa disini yaitu melakukan pembaruan dari suatu sistem yg nantinya sistem tsb akan menjadi lebih baik lagi :)

Jadi Rekayasa Perangkat Lunak itu bukan merekayasa suatu perangkat lunak, kak. Yg dimakasud Rekayasa disini yaitu melakukan pembaruan dari suatu sistem yg nantinya sistem tsb akan menjadi lebih baik lagi :)

Laptop sih emang hal utama. Tapi nggak harus ada juga. Kalau pengin melatih masalah ngoding, ya laptop yang harus ada. Terus, install juga software yang ada hubungannya dengan RPL; Notepad++, MySQL Command Line, Office, WorkBench, XAMPP, dan masih banyak lagi.

Semoga membantu.. :)

Anjay.. Keren bgt lah.. (Y)

permisi gan, saya ada sedikit tulisan tentang program pengenalan wajah menggunakan bahasa java dan diakses menggunakan browser mozilla firefox, http://datacomlink.blogspot.com/2015/07/persiapan-java-opencv-300-dengan.html ditunggu feedback-nya, semoga menambah wawasan bersama gan

Bantu ane ka,ane skarang kls 3 SMP,mau lanjutin ke SMK tpi bingung mau ambil jurusan RPL,TKJ apa Multimedia..
Bisa tolong jlasin ka,ke 3 jurusan ini gmnaa,trus rpl pluang kerjanya gmna?

Gausah bingung, minat atau passionnya dimana. Itu yang diambil. Untuk penjelasan, mungkin bisa bermanfaat:

1. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) jurusan TI di SMK yang berkaitan dengan program, dan enggak lepas dari code-code. Lulusan ini bisa bekerja di bidang IT seperti menjadi: IT support, Administrator DataBase, Programmer, dan masih banyak lagi.

2. TKJ (Teknik Komputer & Jaringan)jurusan yang berkaitan dengan jaringan. Di jurusan ini tidak banyak tentang coding, yang dipelajari soal jaringan dan sejenisnya. Lulusan ini bisa juga menjadi IT support dan yang terkait dengan jaringan.

3. MM (Multimedia) jurusan yang ini berkaitan dengan desain, animasi, pembuatan poster atau cover, film animasi, dan lainnya yang berkaitan dengan design grafis. Lulusan ini bisa juga menjadi animator, dan selebihnya saya enggak tahu.

Semoga membantu ya! ^^,

thank kak! sangat bermanfaat. boleh gak kalo ada yang aku belum ketahui seputar rpl . aku boleh tanya kakak,? soalnya aku newbie meski udah kls 2 smk ya, tapi aku belum menemukan titik terangnya mengenai RPL. mungkin, karena guru2 produktifnya yg sering diganti2 jadi susah pahamnya. apalagi cara ngejelasinnya pada beda2 . yang juga kurikulum yg diganti pula. hem.. boleh kan kak kalo aku tanya2 seputar rpl?

Boleh kok, tanya-tanya melalui email aja ya di rama.uedz@gmail.com atau melalui LINE di @uwedzblog :)

Kira2 ada forum atau grup khusus RPL gak ya gan? Kebetulan ane juga anak RPL nih XD Asikk tuh kalau bisa berbagi pengalaman :D

Wah, kurang tau gan. Kita buat aja yuk gan, isinya teman-teman ane sama teman-teman ente. Biar saling kenal juga :D

Kalau rpl cari kerjanya susah ga bang

Kalau itu, balik lagi ke diri masing-masing gan :)

Mau tanya gan
Kalo masuk smk RPL
Enakan pake laptop apa pc?

Wahh, ane baru mau jadi anak RPL tahun ini.. Semoga ga pusing deh belajar coding-coding gitu wkwk XD

Welcome gan!

Keep calm gan, jangan diambil pusing :D

Gan, kalo RPL, PKLnya dimana aja ya? :3 ane kelas 11 nih--" makasi gan :)

Kalau ane dulu sih di Telkom, jadi IT Support. Mungkin bisa jadi referensi ente. Yaaa seenggaknya, PKL yang sesuai sama RPL aja gan :))

Dan tidak lupa juga untuk selalu aktif mencoba/praktik dalam coding

Kak mau tanya nih! Kakak Anak RPL kan?
saya juga Anak RPL, kakak pasti lebih banyak ilmu tentang RPL, saya masih kls 11 juga belum PKL,

yang saya tanyakan,, Misalkan kita mau membuat Website tapi menggunakan tabel ,bukan menggunakan frame, Bagaimana agar membuat target di dalam tabel tengah,, misalkan ada 2 kolom tabel yang akan di buat Website,, Kolom Kiri Sidebar dan Kolom Kanan Target,,? terima kasih infonya,

Ada contoh gambarnya gak? Kalau ada, lanjut via LINE/E-mai aja ya, Amir. :)

Ane lulusan RpL 2009 , nasihat dari ane kalo mau ambil jurusan RpL niat kudu betul , setelah jalanin dan nikmatin terus lulus 1 hal yang penting dr ane , HABIS LULUS JANGAN KULIAH DI JURUSAN LAIN YG TIDAK BERHUBUNGAN SAMA KOMPUTER DLL , kenapa ?
Cukup 1 contoh aja yaitu ane sendiri , ane lulus langsung lanjut kuliah ambil fkip , kesalahan besar , kenapa , seiring dengan aktifitas perkuliahan yg ane jalananin DIKIT SEDIKIT ILMU CODING YANG LU/gw TAU/ANDELIN/JAGOIN/MASTERin PASTI BAKAL HILANG , ya kecuali lu punya waktu buat mengulang kembali nyelesaikan ujian kompetensi akhir di smk lu . Ya , ane terlalu sibuk dengan perkuliahan sampe ane males/bego ngga buka buka v.b, delphi , exxamp dll lagi ,al hasil ilmu yg ane masterin selama 3 tahun di smk sirna sudah . Mo ngapain coba ane , bikin program stand alone (basi), jaman sekarang program itu kan harus integrasi global , kalo lu pernah prakerin di kantor2 pasti lu tau tuh . Program berbasis server dan internet . Sayang sekolah ane dulu pas kelas 3 nya baru dapat berbasis web (ilmunya kurang kalo di pelajari setahun), ngga tau kalo sekarang , beruntung kalian yg udah dapat berbasis web ga kayak kakak senior kalian dulu , yang pastinya kalo kalian udah lulus rPl , jangan ambil bidang lain , kuliahlah di bidang serupa supaya ilmu kalian bisa di permantap lagi. Dengan kata lain lulusan Rpl menurut ane belum siap kerja , kecuali lu usaha bikin apa kek , ngoding injek buat inet gratisan terus di jual gitu bisa dapat duit bareng ssh nya juga (manis kan) , bug mati , melongo idup lu , atau buka jasa instal2 leptop gitu , haha , iya sampe.kapan ?
----
Ya itu sih menurut ane , terserahlah kalo yg lain , ane adalah contoh spesies rpL yg gagal , nyesel gw ambil rpl ngga juga , rpL.bagus asal ilmu nya kudu di mantepin .
---
TKJ ? enak nya .....
Lepas sekolah bisa kerja , bisa jadi teknisi jaringan juga , untung2an kalo di terima di telkom atau isp lain. Lanjut kuliah juga bisa , sayang ane dlu ngga ambil tkj .
---
Ya begitulah
Jalan idup orang mana ditahu , ane cuma kasih bayangan aja rpl itu apa tkj itu apa , dan juga prospek kedepannya bagaimana .
...
Kalo ada yg komen atau buli , monggo gan

sayang di skolah gue jurusan rpl tidak seperti di skolah lain yg di ajarkan ngoding oleh gurunya

ane baru masuk jurusan rpl tahun ini gan XD

hal pertama yang ane pelajari tuh java konsol, eh gatau deng. pokoknya pertama nyoba itu susah, tapi pas berhasil seneng.

kadang kalo ada salah malah greget pen ngebenerin XD


EmoticonEmoticon