Sabtu, 14 Maret 2015

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Presentasi Tugas


Presentasi tugas ialah hal pokok yang ada di kurikulum 2013. Gue cukup sering mendapatkan tugas presentasi dari mata pelajaran tertentu. Misal, Prakarya dan Kewirausahaan. Di pelajaran ini, udah ada kurang lebih empat presentasi. Gue lupa tepatnya berapa kali presentasi di pelajaran ini, karena tugas-tugas gue lenyap pas habis install ulang windows. Pfft.

Btw, presentasi tugas di depan temen-temen kelas emang bukan tugas yang gampang loh. Walaupun udah dua semester dan bentar lagi naik ke kelas selanjutnya, kelas 11, masih ada aja teman gue yang masih malu-malu. Entah kenapa, gue juga nggak tau.

Diperhatikan dari hasil jadi presentasi karya temen, kadang gue nggak merhatiin temen gue presentasi. Kenapa?, karena gue kadang kurang srek sama tugas yang akan dipresentasikan. Apa tuh dimaksud kurang “srek”? Simak ulasannya di bawah.


Yap, artikel perdana di bulan maret ini gue akan ngebahas kurang sreknya gue terhadap presentasi temen. Gue juga akan sedikit memberikan tips amburadul buat pelajar di artikel ini. Eh. Emang niatnya mau ngasih tips sih hehe. Simak, ya!

1. Gue kurang srek sama presentasi yang menggunakan tema gelap. Kenapa?

Tema gelap ini nggak gue rekomendasi buat presentasi. Penggunaan tema gelap di presentasi itu ganggu banget yang nyimak sumpah. Boleh tema gelap, asal di buat menjadi menarik, biar yang nyimak juga nggak terlalu di ganggu sama tema gelapnya.

Di masalah pertama ini, temen gue masih banyak yang menggunakan tema seperti ini. Semoga, pembaca, menggunakan tema yang cerah untuk presentasi. Hihi. Biar di liatnya juga enak. Rapih. Bersih.

2. Selain tema, gue juga kurang srek sama ukuran font dan tempat untuk gambar.

Nah, di point kedua ini yang sering gue liat dari hasil presentasi temen kelas gue, selain masalah tema yang kurang pas. Pernah ada temen gue, waktu itu mempresentasikan mata pelajaran perakitan komputer, kalau nggak salah sih.. Ukuran fontnya kecil, gue taksir 13px dengan jenis font Arial. Tau sendiri kan font arial itu kayak gimana, ditambah lagi dengan ukuran yang segitu. Udah gitu, panjangnya nggak ketulungan.

Saran buat pembaca, kalo udah melewati batas slide, sebaiknya buat slide baru, biar lebih “srek” dan menarik diliatnya.

===

Segitu aja point penting yang harus diperhatikan pelajar saat ingin mempresentasikan tugas. Kedua point di atas semoga bisa di praktekan oleh pelajar, mungkin juga blogger yang kedapatan tugas presentasi tugas. Semoga bermanfaat. J

Artikel Terkait

8 comment

Klo power pointnya kebanyakan juga bikin boring yg dikasi presentasi ya

Iya bener tuh, kebanyakan juga bikin kurang srek hehe

Menarik..
tapi mungkin yang cerah kadang juga gag nyaman dimata.
warna yg teduh kayanya lebih nyaman dimata kaya hijau, biru, dll yg cerahnya nyaman.

& iklan di blognya menarik, boleh nih minta diajarin hehehehe
Salam blogger ya..
#blogwalking

nice tips gan
sekedar tambahan, jangan lupa penguasaan konten & cara penyampaian yg efektif
agar presentasi makin gahar :-D

Bener ya, warna kuning dan fontnya warna putih, gak enak di pandang juga tuh :D

Hehehe diajarin gimana bro? :D

Yoi..

Bener banget, penguasaan konten dan cara penyampaian juga harus tuh :D

Satu lg masukan saya, tulis poin-poin nya aja di presentation nya, sisanya dijelaskan lisan. Jangan suruh audience kaya baca koran heheheh


EmoticonEmoticon