Sabtu, 23 Mei 2015

Tugas Sekolah yang Bikin Pusing (Lagi)

uwedzblog.com

Rabu kemarin gue dapet tugas sekolah yang bikin pusing lagi. Sebelumnya gue juga pernah ngepost soal tugas sekolah yang bikin pusing di artikel ini: http://www.uwedzblog.com/2015/01/tugas-sekolah-kali-ini-bikin-pusing.html. Dan sekarang, gue dapet tugas sekolah yang bikin pusing lagi. Udah gitu, tugasnya pun di mata pelajaran yang sama. Pasti tau. Yak betul, mata pelajaran Pemrograman Web. Nggak jauh tugasnya, ngoding.

Bulan Januari kemaren, tepatnya tanggal 13 hari selasa gue dikasih tugas sama guru pemweb gue. Tugasnya nyalin form yang udah disediakan menjadi format HTML, dan alhamdulillah tugasnya selesai, namun bikin gue pusing karena panjangnya itu lohhh. Dan sekarang, gue dapet tugas lagi yang bikin pusing. Tugasnya nggak jauh beda sama yang pertama itu, buat form juga, tapi form kali ini form pendaftaran siswa/i di sekolah gue. Yang bikin pusing itu tugas yang sekarang, tapi emang menantang banget.

Menantangnya kenapa? Tugas ini berbeda sama tugas bulan Januari kemarin, tugas kali ini input output. Jadi maksudnya, yang di input kita masukkan data untuk pendaftaran dan output ialah hasil yang keluar tadi yang di input. Selain itu, yang buat gue tertantang adalah... menghitung total yang harus di bayar. Awalnya gue buat itu dari input dengan coding seadanya, tapi kok nggak berjalan lancar. Nah, di sini gue mulai tertantang.

Tugas yang menantang ini lah yang akhirnya buat gue pusing untuk kedua kalinya sama tugas pemrograman web. Gue coba tanya sama bang Andre melalui twitter, namun sayang, dia pun juga ada kendala sama perhitungan program PHP. Gue pun semakin pusing sama tugasnya, pusing menghitung total yang harus di bayar itu :((

...

Selasa, 26 Mei 2015.

Hari selasa dan rabu emang ada pelajaran pemrograman web, dan hari rabu lah hari dimana tugas harus dikumpulkan. Di hari selasa, jam terakhir pelajaran, guru gue ngasih clue untuk menghitung harga jurusan. Ternyata dan ternyata, untuk menghitung harga jurusan menggunakan IF, ELSE dan ELSEIF pada program PHP. Tapi gue masih bingung sama clue nya, soalnya clue nya itu cuma menghitung dua aja, sedangkan gue ada empat yang harus dihitung dan ditentukan hasilnya. Di situ, gue mulai pusing lagi dan merasa tertantang. Huvt.

Sepulang sekolah, gue bersantai-santai dulu sambil memikirkan clue tadi, "Gimana ya, biar clue tadi bisa jalan di program gue".

Sekitar jam 5 sore di hari selasa, gue nyalain laptop dan melanjutkan program yang belum kelar. Gue buka text editor gue, lalu gue buka Google untuk menyari contoh script IF, ELSE dan ELSEIF. Gue cari kurang lebih 5 menit, dan gue menemukan website yang tepat, yakni http://w3function.com/blog/index.php?p=det&idn=64. Gue lihat scriptnya, gue coba mengubah script yang ada di sana menjadi seperti ini:
if($jrsn=="Rekayasa Perangkat Lunak"){
 $biaya = 3000000;
}elseif($jrsn=="Teknik Komputer Jaringan"){
 $biaya = 3000000;
}else{
 $biaya = 3500000;
}
if($jrsn=="Multimedia"){
 $biaya = 3500000;
}elseif($jrsn=="Broadcasting"){
 $biaya = 3000000;
}
if($jrsn=="Broadcasting"){
 $biaya = 4000000;
}elseif($jrsn=="Broadcasting"){
 $biaya = 3500000;
}
Dan taraaa.... programnya berjalan dengan lancar. Script di atas kendala yang bikin gue pusing untuk menghitung harga jurusan. Setelah harga jurusan sudah dapat, saatnya menghitung total yang harus di bayar. Untuk menghitung total bayar, harga jurusan + harga formulir. Script harga formulir udah gue taruh sebelumnya di form input, jadi tinggal nambahin script ini aja deh untuk menghitung total bayar:
$total = $harga+$biaya;

===

Itu tadi cerita kepusingan sama tugas sekolah. Tapi tugasnya udah selesai dengan baik, dan programnya lancar sentosa :D Betewe, ada yang pernah ngalamin kayak gue gini, tugas sekolah yang bikin pusing? Yuk, comment!

Artikel Terkait

1 comment so far

wahahah, ampun dah pemrograman web.
bacanya aja udah berhasil bikin gue pusing...


EmoticonEmoticon