Rabu, 05 Agustus 2015

Siap Bertarung Untuk Mencapai Masa Depan yang Baik

Materikulasi telah selesai minggu-minggu ini. Huhh.., akhirnya selesai juga. Materikulasi tahun ini, beda dari tahun sebelumnya. Saat gue kelas 10 di tahun kemarin, materikulasinya perkenalan dengan pelajaran yang akan dipelajari di kelas 10. Tapi sekarang, mengejar pelajaran yang nggak ada di kelas 10; seperti Kimia, KKPI, K3LH, dll. Pelajaran dalam setahun dipelajari selama 8 hari. Karena memang, kurikulum yang digunakan di sekolah gue udah kembali ke kurikulum 2006 atau KTSP. Sebelumnya kurtilas.

Di hari pertama masuk sekolah, pelajaran yang pertama yaitu kimia. Gue terakhir kali belajar kimia pas gue SMP, di kelas 10 yang ada cuma fisika. Awal masuk, langsung belajar kimia, pertama kali gue liatnya udah bingung duluan. Di kelas 10 biasanya liat code-code HTML, PhP, CSS dan sampai mengerjakan struktur Algoritma, kini diawali dengan belajar kimia; tabel periodik unsur-unsur. Ada H (Hidrogen), Li (Litium), Na (Natrium), dan lainnya.

Dan.., kampretnya lagi, awal-awal masuk udah dikasih tugas; menghafal tabel periodik golongan IA dan VIIA dengan nama latinnya. Tak apalah. Seenggaknya biar tau juga tentang kimia.

uwedzblog.com

Setelah materikulasi selesai, pertarungan barulah dimulai. Mungkin, kalian belum tau apa yang gue maksud pertarungan di sini. Oke mari kita bahas.

...

Sekarang gue udah kelas 11 di jurusan elite (baca: Rekayasa Perangkat Lunak). Itu tandanya dimana gue baru memulai pertarungan untuk mencapai masa depan yang baik. Di kelas 11 ini lah awal dimulainya mempelajari pelajaran-pelajaran yang sangat-sangat berguna untuk masa depan gue nanti. Karena kelas 10 masih banyak mempelajari dasar, di kelas 11 ini mulai naik tingkat. Bisa diibaratkan, di kelas 10 masih mempelajari struktur dasar HTML, sedangkan di kelas 11 udah mempalajari yang namanya basis data (database).

Di kelas 11 nanti gue bakal menghadapi yang namanya PRAKRIN (Praktik Kerja Industri) atau biasa disebut dengan PKL di semester genap nanti. Mengambil pengalaman kakak-kakak kelas RPL, banyak yang diberi tugas oleh perusahaan membuat database, program, website, dll. Tapi yang paling banyak, yakni membuat Database.

Kembali ke atas, mengenai kelas 10 yang masih belajar dasar aja, gue merasa ilmu gue masih sangat kurang untuk menghadapi PKL. Tapi, gue udah siap bertarung untuk mencapai masa depan. Selain pengalaman yang bisa gue ambil dari Prakrin, gue harus bisa mendapatkan sertifikat dari perusahaan bahwa pekerjaan gue baik, supaya masa depan gue tercapai dengan baik nantinya. Karena dari sertifikat itu lah yang Insya Allah akan menolong gue menjadi Progammer di perusahaan yang oke punya.

Mengambil Kesimpulan

Jadi inti dari isi artikel gue kali ini, gue siap untuk mencapai masa depan gue. Dengan cara apa? Belajar lebih sungguh-sungguh di kelas 11. Karena gue sadar, gue masih sangat kurang di kelas 10 dan dapat digolongkan gue ini masih lemah untuk menjadi Progammer. Seenggaknya, gue harus merubah pola belajar gue menjadi 3M : Melihat, Mempraktikan, Mengulang.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon