Kamis, 25 Februari 2016

Cara Compress Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Compress Ukuran Video - Saya pernah mengupload video ke YouTube dengan ukuran di atas 50Mb. Dengan ukuran video yang 'bisa dibilang besar' itu terasa sekali lama proses untuk meng-upload. Hal ini terjadi karena internet yang lemot alias lelet. Untuk me-download suatu file aja sudah lama banget, apalagi untuk me-upload.

Dari masalah upload tadi, ternyata ada solusi untuk mengatasi upload file besar dengan internet yang lemot. Solusinya ialah dengan meng-compress dulu file video yang pengin di upload ke YouTube atau web lainnya.

Compress/kompres adalah proses mengecilkan ukuran file dari ukuran aslinya. Tujuan utamanya mempermudah proses upload bagi yang internetnya lemot dan meringankan proses upload (jika filenya banyak). Proses compressing video ini cocok bagi kamu seorang YouTuber atau developer web tutorial berbasis video.

Tapi, dari proses compressing ini banyak sekali yang tidak menyukainya, karena hasil setelah compress kualitas video menjadi beda. Dalam artian, video menjadi buram, lag, dan sebagainya. Nah, saya punya solusi Cara Compress Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Handbrake.

Handbrake merupakan aplikasi video transcoder dari Perancis. Dengan logo minuman & nanas sudah menjadi ciri khas pada aplikasi ini.

Cara Compress Ukuran Video

1. Download aplikasi Handbrake melalui tautan ini. Setelah aplikasinya terpasang pada PC kamu, buka aplikasi video transcoder asal Perancis tersebut.


 2. Selanjutnya, kita input video yang akan dicompress. Dengan cara klik Source > Open File > Pilih File video dan tunggu sampai proses scan file. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Compress Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitas
Cara Compress Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitas

3. Kalau file video kamu udah terinput, langkah selanjutnya ke pengaturan agar video yang dicompress berhasil. Langkah pengaturannya seperti gambar di bawah ini. Dan jangan lupa klik Start untuk menjalankan proses compress.

Cara Compress Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitas

4. Nah, tunggu sampai proses encoding selesai. Lama proses encoding tergantung ukuran file yang kamu compress.

Cara Compress Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Note: Penggunaan aplikasi ini disarankan compressing ukuran file video 1Gb atau lebih. Untuk ukuran puluhan Mb sampai ratusan Mb, menggunakan Cyko dan akan dipost besok. :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon