Minggu, 28 Februari 2016

Meningkatkan Keamanan Akun Email

Meningkatkan Keamanan Akun Email


Email.. ? Terdengar cukup familiar ya ? Bagaimana tidak, fitur yang satu di ibaratkan kunci untuk menikmati semua akses di internet.

Email saat ini bisa di akses oleh siapapun dan kapanpun, tidak mengenal usia. Mau itu anak anak, remaja, orang tua bahkan kakek nenek pun bisa mengakses fitur ini untuk bermacam macam aktivitas seperti mendaftar Instagram, facebook ( yang paling umum ), mendaftar sebuah forum, mengikuti program affiliasi, mengirim tugas sekolah kepada guru, Chatting dan lain sebagainya. Nah di samping itu juga Email merupakan sebuah fitur yang sangat penting untuk sebagian orang seperti pebisnis.

Pebisnis menggunakan Email sebagai kunci untuk mengakses Akun - akun berharga seperti Rekening Paypal, akun google adsense dan sebagai tempat penyimpanan Inbox rahasia yang di dalamnya mengandung beberapa file dan data penting.

Terkadang orang yang mempunyai sebuah akun Email mengabaikan keamanan nya walaupun sudah jelas di dalam nya terdapat data rahasia. Banyak yang mengira jika email tidak akan mudah untuk di tembus keamanannya.

Iya memang sih, susah di tembus. Tapi jika anda lalai dan suatu saat ketika anda membutuhkan data penting dan ketika membuka akun email tersebut dan ternyata udah tidak bisa di akses bagaimana ?

Untuk itu, disini saya akan membagikan sedikit tips untuk meningkatkan keamanan akun email milik anda. Dan khusus yang menggunakan Email Dari Google bisa langsung Cek disini

Cara Mengamankan Akun Gmail


  1. Setting update informasi Recovery dan Alerts Email
    Anda perlu mengupdate informasi ini agar anda mendapat pemberitahuan setiap kali terjadi perubahan data di akun mail anda, dan juga untuk membantu recovery/pengembalian password jika password anda dirubah oleh si hacker.
  2. Cek Forwarding Email anda
    Sering sekali email yang telah dihack walaupun sudah merubah password namun tetap terhack kembali. Hal ini bisa dikarenakan settingan forwarding email yang telah sempat diubah oleh si pencuri email. Artinya setiap email masuk ke email korban akan otomatis terkirim ke email si hacker, tanpa disadari oleh si korban.
Untuk mengamankan akun email dengan cara standar lainnya, anda bisa melakukan hal berikut :

  • Hindari mencentang “stay signed in”. Terutama di komputer yang digunakan banyak orang. Kalau anda memberi centang, maka username dan password anda akan disimpan pada cookies di komputer. Bahayanya, spyware bisa ikutan membaca informasi yang disimpan ini.
  • Ubah password anda secara berkala. Buat kombinasi password yang tidak mudah ditebak orang. Gunakan simbol seperti ! ” ? $ ? % ^ & * ( ) _ – + = { [ } ] : ; @ ‘ ~ # | \ < , > . ? / dalam password.
  • Log out jangan lupa. Setelah selesai menggunakan email, jangan lupa lakukan log out. Sekalipun anda menggunakan komputer pribadi, lebih baik jika anda biasakan memencet tombol log out setiap selesai menggunakan gmail. Buat jaga-jaga
    .
  • Bersihkan juga data di browser. Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history pada browser anda sehabis menggunakan gmail. Biar lebih aman.
Mungkin itu saja yang bisa saya share mengenai Meningkatkan Keamanan Akun Email pada blog nya Bro Uweds ini.... :D


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon