Rabu, 17 Februari 2016

Prakerin Beda Jurusan, Why Not?

Nggak terasa Prakerin sekarang udah genap satu bulan. Buat yang belum tau apa itu Prakerin, saya beri tau sedikit penjelasannya. Prakerin singkatan dari Praktik Kerja Industri atau biasa kalian kenal dengan nama PKL (Praktik Kerja Lapangan). Prakerin ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan saat kelas 11 oleh siswa/i yang bersekolah di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Seperti kalian tau, saya seorang pelajar yang bersekolah di SMK dan saya mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Kalau kalian satu jurusan dengan saya, pasti kalian tau RPL itu apa dan ngapain. RPL ini bisa dibilang jurusan yang memunculkan bibit seorang Programmer. Karena dijurusan inilah dilatih untuk mengerti dan bisa Bahasa Pemrograman yang diajarkan.

Di tahun 2016 ini, semester genap. Dimana semester genap bagi siswa/i SMK di sekolah saya menjalani kegiatan Prakerin yang diadakan selama tiga bulan. Saya Prakerin di perusahaan Telekomunikasi. Menurut saya, saya untuk saat ini di jalan yang salah, karena saya Prakerin beda jurusan. Tau sendiri kan, kalau Telekomunikasi itu ngapain?.

sumber

Awalnya saya mempunyai pikiran seperti itu, beda jurusan. Semenjak Prakerin satu bulan untuk saat ini, saya merasa enjoy dan pikiran itu nggak ada lagi. Menurut saya, Prakerin sama halnya dengan belajar di sekolah.

Di sekolah misalnya, saya mengambil jurusan RPL, tetap aja belajar Matematika, Fisika, Kimia, dan antek-anteknya. Nah, dari pikiran itu lah saya nggak berkecil hati Prakerin beda jurusan. Ya karena itu tujuan Prakerin: menambah wawasan dan pengalaman. Untuk saat ini, wawasan saya sangat bertambah Prakerin di perusahaan Telekomunikasi ini. Dari yang nggak tau banyak soal program yang dipakai di sini, saya menjadi tau. Seperti Avant Browser dan Odyssey. Sebelumnya saya nggak tau dengan Software ini, karena dari sini lah saya menjadi tau.

Menambah pengalaman tentu pasti. Dari mendapat tugas membetuli printer, jaringan, dan masalah lainnya, pengalaman saya pun bertambah. Pengalaman yang menurut saya sukses di kepala saya untuk saat ini ialah: Karyawan yang komplain dengan kami (saya dan tim). Namun, komplainan tadi itu berhasil dibereskan oleh kami. Good job, Team! :))

Yaudah segitu aja dulu curhatan saya tentang Prakerin. Inti dari pembahasan di atas ini Prakerin beda jurusan. Jadi, kalau kalian Prakerin beda jurusan jangan berkecil hati. Enjoy aja dan ambil semua ilmu dan pengalaman yang kalian dapat selama Prakerin. Sekian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon