Kamis, 03 Maret 2016

3 Makanan Ringan Khas Ranah Minang

Padang ialah ibu kota provinsi Sumatera Barat. Di sana terkenal rumah besar nya atau biasa dikenal dengan sebutan Rumah Gadang. Ibu kota ini tidak kalah istimewa dengan ibu kota lain yang ada di Indonesia. Dari tempat wisata, alam yang indah, dan kuliner yang enak-enak.

Membahas kuliner, Padang tidak kalah dengan kota-kota lain. Makanan-makan populer yang ada di sana ialah Rendang, Dendeng Balado, Gulai Paku -- dikenal dengan sebutan Gulai Pakis, Sate Padang, dan masih banyak lagi.

Di atas adalah beberapa contoh kuliner (makanan berat) dari kota Padang. Nah, tahukah anda ada makanan ringan dari kota Padang?

Apa aja sih? Berikut 3 Makanan Ringan Favorit dari Kota Padang.

Keripik Sanjay

3 Makanan Ringan Khas Ranah Minang
id.wikipedia.org

Keripik Balado Sanjay ini salah satu makan ringan favorit dari kota Padang. Dengan rasa yang pedas, manis dan asin menjadi satu, membuat mulut rasanya tak mau henti mengunyah keripik enak ini. 

Harga dari keripik sanjay pun relatif murah. Cukup mengantongi uang sebesar Rp100 ribu saja, cukup untuk persedian keluarga.

Keripik sanjay ini sering dijadikan buah tangan oleh penjual kepada wisatawan yang berkunjung ke Padang. Biasanya keripik sanjay dijual di sekitar rumah makan, pasar swalayan, minimarket, dan lainnya.

Kalau main ke Padang, jangan lupa bawa pulang keripik sanjay ini ya!

Sala Lauak

3 Makanan Ringan Khas Ranah Minang
koleksiresepmama.wordpress.com

Cemilan berikutnya ialah Sala Lauak (baca: sala ikan). Bahan utama dari cemilan ini ialah tepung beras dan ikan teri. Rasa dari cemilan ini gurih, dan pokoknya pengin lagi deh nyicipin cemilan ini. Untuk harga, sama hal nya seperti gorengan biasa. Ya, jadi, tidak mahal dan pokoknya murah meriah deh sala lauak ini.

Kalau pengin beli sala lauak ini di Padang, anda bisa mencarinya di pasar-pasar terdekat dari rumah. Biasanya yang jual ini ibu-ibu. Tips makan sala lauak dari saya, makannya dengan kondisi hangat. Dijamin, enak banget, deh!

Pensi

3 Makanan Ringan Khas Ranah Minang
artby2u.blogspot.com

Nah, ini cemilan favorit saya kalau lagi liburan ke rumah nenek di Padang. Cemilan yang terakhir ini adalah pensi. Namanya unik, bukan? Hehe.. tapi, si kerang mungil ini biasa dipanggil dengan sebutan Pinsi. Mungkin maksudnya biar akrab kali, ya? Hahaha.

Pensi ini kerang kecil-kecil dimasak bersama bumbu khas yang disajikan di dalam plastik kecil. Rasanya gurih, enak, cara makannya pun unik. Harga pensi ini murah banget, Rp2000 - Rp5000 tergantung banyaknya kerang.

Kalau main-main ke Padang, jangan lupa ke pasar atau ke pantai ya, biasanya pensi dijual di sana. Pensi cocok untuk anda yang suka ngemil makanan gurih selain sala lauak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon