Jumat, 04 Maret 2016

3 Tips Membuat Blog Tutorial

Tips Membuat Blog Tutorial

Blog ialah singkatan dari web log. Blog merupakan aplikasi web yang digunakan sebagai media mempublikasikan sebuah artikel yang terdiri dari tulisan, gambar, tabel, dan lainnya. Blog mempunyai platform yang banyak, namun yang paling populer adalah Blogger.com.

Keuntungan menggunakan blogger.com selain gratis, mudah digunakan oleh kalangan. Platform blog yang satu ini cocok untuk anda sebagai pemula karena fitur yang lengkap.

Untuk membuat blog, hal yang utama yakni menentukan niche. Apa itu niche? Sebuah blog yang menentukan satu topik dan tidak membahas topik lainnya.

Blog yang mempunyai satu topik seperti sugeng.id, Blog Mas Sugeng mempunyai topik Blogging. Membuat blog tutorial bisa saya katakan sukses dalam menarik pengunjung yang banyak. Bisa dikatakan, topik tutorial ini bagus untuk membuat blog.

Anda tertarik membuat blog tutorial? Eit, tunggu dulu, sebelum membuat blog tutorial, pastikan anda paham tips-tips berikut.

1. Membuat tutorial orisinil

Sama seperti membuat konten apapun, buatlah tutorial yang orisinil. Banyak tutorial yang saya temukan di pencarian tidak orisinil. Maksud dari orisinil ini berbagai macam, seperti deskripsi, langkah-langkah yang tidak jauh beda, gambar (jika memakai gambar) yang sudah ada di blog lain.

Nah, kalau anda pengin membuat blog tutorial, buatlah konten yang orisinil. Dari tulisan, gambar, video (jika ada), dipraktikan sendiri tidak menyimpan gambar dari blog lain.

Tentu manfaat dari membuat blog tutorial orisinil besar sekali jika membuat kontennya orisinil, daripada yang membuat tutorial hanya bisanya copy paste saja.

2. Membuat tutorial yang jelas

Selain membuat tutorial orisinil, buatlah tutorial yang jelas. Misal tutorial yang anda buat tentang flash handphone, sediakan tool-tool yang diperlukan untuk flashing. Membuat tutorial yang jelas masih bersangkutan dengan tutorial orisinil. Biasanya, tutorial yang tidak jelas didapat boleh hasil copy paste.

Kalau memang tutorial yang dibuat itu hasil copy paste, buatlah tutorialnya sendiri dalam bentuk video. Lebih baiknya lagi, buat tutorial yang jelas dan orisinil.

3. Menambahkan video di akhir tutorial

Di langkah terakhir ialah menambahkan video di akhir tutorial. Tips ini membantu pengunjung blog anda tidak bingung dengan tutorial yang anda sajikan, karena dilengkapi video tutorial. Lebih bagus lagi, video tutorialnya hasil record sendiri. Dengan cara ini, pengunjung akan lebih mengerti dari tutorial yang anda sajikan di blog.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon