Sabtu, 05 Maret 2016

4 Manfaat Bermain Video Game

4 Manfaat Bermain Video Game
sumber | http://mustardseedint.org/

Siapa sih yang nggak suka bermain Video Game? Dari yang muda sampai orang tua pun suka bermain video game. Mulai dari kategori edukasi, arkade, balapan, petualangan, dan lain-lain. Bermain video game memang cocok untuk semua umur. Eit, tapi cocok sesuai kategorinya.

Waktu kecil, saya sering sekali dilarang bermain video game. Ya, alasannya buanyak. Bermain video game itu nggak penting, membuat malas dan bodoh, menjadi lupa waktu, dan masih banyak lagi alasan-alasan yang sampai sekarang masih teringat. Dengan alasan-alasan tadi, saya tetap nagih bermain video game, dengan syarat main di akhir pekan (sabtu-minggu) dan hari libur. Ada yang sama seperti saya? Hehehe..

Laun waktu, semenjak saya duduk di bangku SMP, makin tergila-gila bermain video game. Karena pada waktu itu sudah gencar video game online. Aih, sudah berapa uang saku yang dikeluarkan untuk bermain video game online. Memang nggak ada manfaatnya bermain video game, pikiran saya waktu itu. Setelah saya lulus dari SMP dan sudah menambah pengalaman dalam hidup, saya berpikir bahwa bermain video game itu nggak selamanya membuat hal yang negatif.

Bermain video game mempunyai manfaat yang tanpa kita sadari bahwa bermain video game itu ada manfaatnya. Berikut 4 Manfaat Bermain Video Game.

1. Mengerti Bahasa Inggris
4 Manfaat Bermain Video Game
sumber | Dokumentasi Pribadi

Waktu saya masih SD, bisa dibilang saya ini anak yang bodoh dalam pelajaran bahasa Inggris. Nilai di sekolah selalu jelek. Sampai sekarang saya sadari, seenggaknya bermain video game membuat kita menjadi mengerti bahasa Inggris. Dari mulai arti Welcome - Start - Open - Close - Setting - Exit, penyebutan angka dalam bahasa Inggris; 1 - 2 - 3, Fight - Go - Use - Equip - Edit, dan masih banyak lagi.

Yap, manfaat bermain video game memang tanpa kita sadari. Semakin sering saya bermain video game, semakin menambah kata demi kata bahasa Inggris yang saya mengerti. Tapi perlu diingat, untuk mengerti bahasa Inggris, nggak harus sering-sering bermain video game, ya. Hehe.

2. Menambah Wawasan
4 Manfaat Bermain Video Game
sumber | Tara Arts Game Indonesia

Menambah wawasan salah satu manfaat bermain video game berikutnya tanpa kita sadari. Manfaat yang satu ini biasanya datang pada game kategori petualangan. Di dalam video game petualangan, sering kali dilengkapi cerita-cerita yang membuat menarik pemain untuk memainkannya. Dari cerita-cerita itu lah yang membuat wawasan kita menjadi bertambah.

3. Memperbanyak Teman
4 Manfaat Bermain Video Game
sumber | http://integratedlistening.com/limited-video-game-play-supports-well/

Memperbanyak teman salah satu manfaat berikutnya. Biasanya manfaat ini datang tanpa kita sadari dari bermain video game online. Dari yang awalnya satu room - chatting - menanyakan kontak, kopdar - dan akhirnya berteman. Manfaat ini bisa kita dapatkan juga ketika bermain video game online di warnet. Dari yang awalnya bertanya - main bareng - menanyakan kontak - sering main ke warnet itu lagi - dan akhirnya berteman.

Indah bukan manfaat bermain video game?

4. Mendapatkan Pasangan
4 Manfaat Bermain Video Game
sumber | http://www.thoughtpursuits.com/playing-video-games-can-improve-cognitive-functions/

Cihuuy! Manfaat yang satu ini sudah banyak dirasakan oleh gamers di Indonesia, termasuk saya. Ya itu, dari yang awalnya main video game satu room - chatting - saling kenal - dan akhirnya jadian. Pasangan gamers ini biasanya hubungannya nggak berjalan lama. Biasanya. Mungkin, ada juga yang malah kita nggak tahu, kalau ada pasangan gamers sampai menikah. Wah. Manfaat bermain video game yang sangat indah.

Penutup

Ternyata bermain video game juga ada manfaatnya, bukan?. Manfaat di atas merupakan pengalaman saya selama bermain video game. Kalau manfaat bermain video game versi kalian apa? Yuk, komentar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon