Minggu, 26 Juni 2016

Mengenali Bisnis Gelap di Balik Like di Facebook

Mengenali Bisnis Gelap di Balik Like di Facebook

Pernahkan sobat melihat postingan tersebut di beranda Facebook milik sobat? Sobat melihat keanehan dalam postingan tersebut? Sebenarnya nggak ada yang aneh dengan isi postingan tersebut. Tapi, ada sedikit yang membuat postingan itu nggak enak dipandang. Postingan tersebut mengemis like, share, dan comment yang mengkaitkan dengan peristiwa atau kejadian yang membuat pengguna Facebook terharu.

Sebenarnya postingan seperti itu sudah ada sejak tahun 2012-an. Namun, tahun ke tahun postingan tersebut makin banyak terlihat di Facebook. Postingan tersebut bisa 3-5 sehari terlintas di beranda saya. Mengapa bisa sebanyak itu? Ya itu tadi, dengan mengkaitkan dengan kejadian-kejadian yang membuat pengguna Facebook terharu, maka postingan itu berhasil di like, share, atau comment sampai ratusan ribu (termasuk teman Facebook saya).

Postingan mengajak pengguna Facebook untuk memberikan like, share, atau comment terhadap postingan itu sebenarnya untuk kepentingan bisnis. Bisnis seperti apa?

Mari kita gali lebih dalam lagi.

Mengenal bisnis like di Facebook


Bisnis like namanya. Sistem kerja dari bisnis ini ialah Wati (bukan nama sebenarnya) membuat halaman/fanpage > Memposting mengajak pengguna Facebook untuk like, share, atau comment > Like, share, atau comment banyak > Si Wati dapat tawaran iklan dari Facebook.

Nah, kurang lebih seperti itu sistem kerjanya.

Ada juga sistem kerja bisnis likenya seperti ini: Wati (bukan nama sebenarnya) membuat halaman/fanpage > Memposting mengajak pengguna Facebook untuk like, share, atau comment > Like, share, atau comment banyak > Si Wati menjual fanpage tersebut ke orang yang membutuhkan.

Menurut artikel Liputan6 4 tahun lalu, 100.000 like si Wati dapat meraup untung sebesar 2 juta. Bagaimana kalau likenya lebih banyak lagi ya? Si Wati bisa beli cendol manis dingin 10 truk atau bahkan lebih kali ya, dengan keuntungan yang didapat dari bisnis ''gelap" di balik like di Facebook.

Penutup


Nah itu tadi ulasan mengenai bisnis gelap di balik like di Facebook. Mungkin sobat ada yang belum tahu dengan bisnis like ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya dan tetap menjadi pengguna akun social media yang cerdas. Jangan lupa dishare ya!

Artikel Terkait

5 comment

Ohh ini nih yang suka minta like" mulu, Thx infonya gan :D

Ternyata ini cara mereka cari uang, pantas makin merambah banyak yang kaya ginian.

wah ternyata ada bisnin gelap ya di balik tombol like hehehe btw nice gan :D

sasaran para new user smartphone yg baru kenal medsos (fb) nan lebay...


EmoticonEmoticon