Selasa, 03 Oktober 2017

Belajar Bahasa Pemrograman Dasar atau Algoritma

Belajar Bahasa Pemrograman Dasar atau Algoritma

Mengenal bahasa pemrograman dasar, tentu teman-teman sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan itu. Pemrograman dasar atau yang biasa dikenal dengan Algoritma. Algoritma adalah suatu masalah yang dirancang secara sistematis dan disusun secara logis.

Sistematis dalam artian susunan yang diciptakan secara tersusun rapi dan sudah tersistem. Logis dalam artian pembuatan susunannya diciptakan menggunakan logika / masuk akal. Semisal 1 + 1 = 2. Bilangan tersebut jika dijumlahkan menghasilkan hasil yang logik, bukan? Apa jadinya jika hasil penjumlahan tadi menghasilkan angka empat. Bagaimana menurut sobat?

Dalam sejarah, Algoritma ditemukan oleh Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi dalam bukunya yang berjudul Al-Jabr Wa'al Muqabala sekitar 825 M. Penemu algoritma biasa dikenal dengan al khawarizmi yang merupakan seorang Muslim.

Algoritma sendiri dalam pemrograman biasa dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah. Jadi, sebelum program dibuat, algoritma dibuat terlebih dulu untuk memastikan bahwa program yang akan dibuat secara sistematis dan logis.

Perbedaan Algoritma dan Program


Banyak dari kita sebagai orang awam di dalam bidang ini, beranggapan bahwa algoritma dan program itu sama. Namun, pada kenyataannya itu berbeda. Secara artian, program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dari program itulah yang disebut algoritma. Beberapa faktor memberikan formula bahwa : Program = Algoritma + Bahasa Pemrograman.

Adapun contoh dari algoritma sebagai berikut :

1. Masukkan bilangan pertama
2. Masukkan bilangan kedua
3. Jumlahkan kedua bilangan tersebut
4. Tunggu proses penjumlahan
5. Berhasil dijumlahkan

Kesimpulan


Jadi, algoritma adalah urutan langkah untuk memecahkan masalah yang disusun secara sistematis dan logis sebelum membuat suatu program. Cukup sampai di sini pembahasan mengenai Bahasa Pemrograman Dasar atau Algoritma, semoga temen-temen bisa paham apa yang dimaksud algoritma. Sekian dan terimakasih.

Artikel Terkait

4 comment

Kesimpulannya keren gan,Sya kira emang algoritma itu sama kaya program

jujur masih bingung kak :(

Jd program itu sm dgn algoritma sma bhs pemrograman. Sipsipsip, thx gan infonya.


EmoticonEmoticon