Selasa, 12 Januari 2016

Aplikasi Pembuat DataBase


DataBase emang penting banget buat perusahaan, sekolah, bank, toko, dan lainnya. Semenjak di kelas 11, gue banyak mengenal "apa itu database". Singkatnya, DataBase kumpulan-kumpulan data yang saling berhubungan satu sama lain.

Fungsi utama dari DataBase ini ialah mempermudah kegiatan manusia dalam pekerjaan yang berhubungan dengan data. Dari data satuan sampai ribuan pun bisa tersimpan dalam ruang lingkup DataBase.

Cara membuat DataBase ini yang gue tau selama belajar dari sekolah, menggunakan dua aplikasi yaitu Microsoft Access dan MySQL Command Line Client. Dua aplikasi ini bisa digunakan saling berhubungan. Namun, nggak berjalan efektif.

Kenapa nggak efektif? Jelas, tentu sobat harus membuat terlebih dulu DataBase dari Microsoft Access nya bukan? Setelah dibuat, membuat koneksinya menggunakan PHP, lalu menghubungkannya dengan aplikasi XAMPP/AMPP (localhost). Bagaimana sobat, nggak efektif kan?

Nah, dalam masalah ini, gue berhasil menemukan solusi walaupun itu bisa dibilang sedikit hehe. Dengan berbekal catatan script dari sekolah dan googling, gue mencoba menciptakan aplikasi pembuat database yang gunanya untuk memudahkan dalam Input Data dan melihat data yang terhubung ke MySQL Command Line Client.

Aplikasi pembuat DataBase gue beri nama dBapp (DataBase Application). Fitur yang tersedia dari aplikasi ini masih tergolong minim untuk sobat, tapi InsyaAllah bermanfaat. Berikut fitur-fitur dari dBapp:

  • Fitur Input Data
  • Fitur Melihat Data
  • Fitur saling terhubung antara aplikasi dan MySQL Command Line (aplikasi populer pembuat database).


Penutup

Kalau sobat pengin menyicipi aplikasi pembuat database, bisa langsung mendownloadnya dengan klik tombol download di akhir artikel ini. Ucapan terimakasih kepada:

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon